Launching Program Aksi Pitra Bakti

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta beserta Ny. Ayu Suwirta didampingi Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil I Komang Dharma Suyasa  dalam kunjungannya ke salah satu Masyarakat Kabupaten Klungkung yang anggota Keluarganya meninggal dunia, bertempat di kediaman Bapak I Wayan Iwan Indrawan Kelurahan Semarapura Klod Kangin Lingkungan Mergan Banjar Pande Klungkung pada kamis (4/4). 

Dalam Kunjungan ini, Bupati Suwirta juga melaunching Program Aksi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Klungkung yakni Program aksi Pelayanan Terintegrasi untuk penerbitan Akta kematian (Pitra Bakti).

Program Aksi Pitra bakti ini dapat diperoleh oleh Masyarakat Kabupaten Klungkung dengan melalui beberapa tahapan yakni, pertama identifikasi desa/Kelurahan yang memiliki komputer dengan jaringan internet, kedua, instalasi apluikasi SIAKSI (SIAK terintegrasi ) dimasing-masing desa/kelurahan  secara bertahap, ketiga, pelatihan perangkat desa/kelurahan langsung pada saat instalasi, keempat, masyarakat melakukan permohonan akta kematian kepada Desa/kelurahan setempat, kelima, data yang diminta akan diinput melalui komputer desa yang terhubung  dengan layanan Internet, keenam, Dinas kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Klungkung akan mencetak akta kematian dan kartu keluarga yang baru. 

Bupati Suwirta menyerahkan Akta kematian atas nama Ni Putu Catri kepada  I Nengah Surapati yang merupakan anak sulung dari Jro Mangku Ni Putu Catri. Seusai menyerahkan Akta kematian beserta Kartu Keluarga yang baru, Bupati Suwirta menyampaikan tujuan dari pemberian akta Kematian antara lain, pertama, untuk mengetahui secara valid jumlah total penduduk di Kabupaten Klungkung, kedua, apabila Pemerintah  Daerah Kabupaten Klungkung sudah bisa melayani seluruh masyarakat  menjadi peserta BPJS, maka BPJS tidak akan terbayarkan lagi kepada masyarakat Klungkung yang sudah meninggal. Pemerintah Daerah Kabupaten Klungkung sudah mempersiapkan keperluan masyarakat seperti pada saat baru lahir (Belananda), menikah (Kawi Semara), pada saat meninggal (Pitra bakti). 

Pada akhir kunjungan Bupati Suwirta atas nama pemerintah Kabupaten Klungkung dan Bupati Klungkung ikut berduka cita dan turut berbelasungkawa kepada keluarga yang ditinggalkan oleh Ni Putu Catri agar diberikan ketabahan dan kekuatan dalam menjalani kehidupan kedepannya. 

(hmsklk/cok)

Related

Warta Semarapura 5043009481459938000

Post a Comment

item