Tak selalu karena usia bertambah, 8 hal ini juga bisa bikin keriput muncul

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - Ketika keriput muncul di wajah, maka kamu jadi panik sebab mengira bahwa kamu mengalami penuaan dini. Padahal, keriput tak selalu muncul akibat pertambahan usia lho.

Dilansir dari boldsky.com, berikut adalah beberapa faktor yang bikin keriput muncul di wajahmu.

Paparan sinar matahari berlebihan
Sinar matahari yang berlebih dianggap sebagai pelaku utama munculnya keriput. Sebabnya sinar UVA dan UVB mampu menembus lapisan paling dalam di kulit yang kemudian menyebabkan penuaan dini dan keriput.

Polusi
Polusi lingkungan memiliki andil besar pada munculnya garis halus dan keriput. Penelitian menunjukkan bahwa wanita yang tinggal di perkotaan memiliki lebih banyak keriput dan bintik penuaan daripada mereka yang tinggal di pedesaan.

Kurang tidur
Kurang tidur juga memberi kontribusi pada munculnya keriput karena tingkat pH kulit yang bisa berubah akibat kurang tidur. 

Stres
Stres yang muncul mampu meningkatkan kadar kortisol dan mengurangi kemampuan kulit untuk mempertahankan kelembaban di dalamnya. Selanjutnya peningkatan kadar gula darah yang terjadi karena stres bisa merusak kolagen dan serat elastin di kulit.

Konsumsi gula
Makan terlalu banyak gula bisa menyebabkan penuaan dini. Sebab setelah gula dicerna, akan terjadi proses glikasi yang melibatkan pengikatan di berbagai bagian tubuh. Proses ini membuat gula melemahkan kolagen dan elastin yang bisa menyebabkan munculnya garis halus dan keriput.

Kontraksi otot
Kontraksi otot yang terjadi saat kamu berekspresi secara berlebihan membuat sel kulit jadi lemah dan menyebabkan keriput.

Kulit kering 
Jenis kulit kering juga bisa membuat keriput bermunculan.

Merokok
Jika kamu memiliki kebiasaan merokok, maka hentikanlah. Sebab nikotin di dalam rokok akan menyebabkan penyempitan pembuluh darah dan membuat keriput bermunculan.

(Merdeka.com)

Related

Info Unik 7599433043901569145

Post a Comment

emo-but-icon

item