Percepatan Pemberdayaan dan Kesehatan

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - Terkait dengan percepatan-percepatan pemberdayaan masyarakat yaitu pemberdayaan beras lokal,  Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta setelah melakukan evaluasi dimana pemberdayaan beras lokal ini masih mengalami stagnan.  Hal ini, disampaikan ketika Bupati mengadakan rapat bersama Dinas Koperasi dan Dinas Pertanian Kabupaten Klungkung, bertempat di ruang rapat Kantor Bupati Klungkung, Selasa (03/10/2017).

Dalam hal tersebut, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menyampaikan pemberdayaan beras lokal di Kabupaten Klungkung saat ini masih mengalami stagnan, dimana beras lokal hanya terbatas kepada pegawai negeri saja sedangkan di BUMDes dan Koperasi masih agak lamban. Bupati sudah menugaskan dinas terkait  dalam waktu dekat ini agar mengumpulkan semua BUMDes, Kepala Desa untuk pemberdayakan BUMDes ini agar nantinya BUMDes mempunyai peran penting untuk menekan inplasi di masing-masing wilayah. “Peran BUMDes harus benar-benar bisa bekerja secara maksimal dan bisa menekan inplasi di masing-masing daerah”, Ujarnya.

Lebih lanjut, Bupati menyampaikan untuk pengelolaan garam hal yang paling utama dilakukan yaitu harus di uji coba terlebih dahulu dan siapkan garamnya kemudian diolah, jika hal tersebut sudah berjalan dengan baik maka di tahun 2017 ini akan dilaksanakan sosialisasi kepada seluruh masyarakat agar nantinya bisa mengunakan garam beryudium. Bupati Suwirta sudah menugaskan dinas terkait agar segera membeli mesin pengolah dan penyiapan garamnya. Setelah peralatan semua sudah terpenuhi agar nantinya bisa menghasilakan garam yang layak di konsumsi. “Dinas kesehatan agar nantinya mengecek kandungan yodiumnya, sehingga. garam yodium ini diharapkan menjadi unggulan nelayan di Kusamba”, Harap Bupati Suwirta.

Selain itu, terkait dengan BPJS sudah dipercepat karena di Bulan November ini sudah berjalan. Bupati Suwirta sudah menugaskan Dinas Kesehatan agar segera mendata. Sampai saat ini masih banyak desa yang belum nyetor, maka dari itu Bupati akan mengundang semua Kepala Desa untuk menyampaikan semua percepatan program ini yaitu BPJS, pemberdayaan BUMDes, garam beryodium, desa wisata dan beras lokal. 

(Humas/klk)

Related

Warta Semarapura 2764919458857757066

Post a Comment

emo-but-icon

item