Spesies Dinosaurus Baru Ini Memiliki Gigi Seperti Gunting



Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - Spesies dinosaurus yang diperkirakan ilmuwan berusia 70 juta tahun, disebut oleh para ilmuwan memiliki gigi berbentuk gunting yang berukuran besar, yang digunakan untuk mengunyah pohon-pohon yang tua, keras, dan berserabut.

Dilansir dari The Verge, spesies dinosaurus bernama Matheronodon provincialis ini diharapkan bisa menjelaskan bagaimana beberapa spesies dinosaurus vegetarian bisa hidup berdampingan di masa prasejarah Eropa, di mana dino ini akan memakan tumbuhan yang tak termakan oleh makhluk lain.
Dino yang dideskripsikan di jurnal Scientific Reports ini, ditemukan di selatan Prancis di antara tulang-tulang yang berserakan dari dino dan reptil lainnya. Ilmuwan mengidentifikasi dino ini dari potongan panjang rahang atas sepanjang 8 inci. Para peneliti menyebut bahwa berdasarkan fosilnya. Dino ini bisa tumbuh hingga 5 meter.
Berdasarkan penemuan bahwa adanya otot tertentu di rahang, para ilmuwan juga menemukan bahwa Matheronodon memiliki gigitan yang sangat kuat. Meski giginya bergerigi, berbentuk layaknya gunting, dan punya gigitan kuat, rahangnya bukan reahang karnivora. Diduga, ia pemakan pohon kuno seperti palem yang sangat besar.
Dinosaurus ini bagian dari dinosaurus yang disebut rhabdodontid, yang menjelajahi Eropa antara 84 juta tahun hingga 72 juta tahun lalu. Namun Dino ini berbeda karena giginya lebih banyak dan bergerigi. Itulah mengapa nama Dino ini memiliki nama sendiri: Matheronodon provincialis, yang diambil dari nama paleontologi yang menemukan rhabdodontid, Philippe Matheron. 
(Merdeka.com)

Related

Info Unik 805462078644335505

Post a Comment

emo-but-icon

item