Studi: Rajin Ke Museum dan Galeri Seni Bikin Panjang Umur

Studi: Rajin Ke Museum dan Galeri Seni Bikin Panjang Umur

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali    Banyak cara dilakukan untuk bisa berumur panjang. Mulai dari diet, olahraga, jalan-jalan, dan gaya hidup sehat. Namun sebuah penelitian terbaru menyebut bahwa mengunjungi museum, galeri seni, teater, atau konser secara teratur bisa membantu Anda untuk berumur lebih panjang.

Penelitian ini dilakukan oleh peneliti di University College London terhadap 6.710 orang dewasa yang berusia lebih dari 50 tahun. Peserta penelitian melaporkan bahwa mereka sering mengambil bagian dalam kegiatan seni, termasuk pergi ke teater, konser, opera, museum, galeri seni, dan pameran. Para peneliti kemudian ditindaklanjuti selama rata-rata 12 tahun.

Mengutip AFP, hasil penelitian ini diterbitkan di The British Medical Journal (BMJ). Hasil yang diperoleh adalah orang yang terlibat dalam kegiatan seni antara 1-2 kali setahun memiliki risiko kematian yang lebih rendah 14 persen dibanding dengan mereka yang tak pernah ikut kegiatan seni.


Hasil lainnya adalah semakin sering orang terlibat acara seni maka semakin rendah risiko kematian. Orang yang menghadiri acara seni setiap beberapa bulan sekali atau lebih memiliki risiko kematian yang lebih rendah 31 persen.
Para peneliti mengatakan bahwa ada teori yang mengatakan bahwa seni bisa memperpanjang usia, meningkatkan kesehatan mental, mengurangi kesepian, mengembangkan cadangan kognitif, mengurangi perilaku buruk, dan mengurangi perilaku pengambilan risiko buruk.

Studi sebelumnya juga mengungkapkan bahwa terlibat dengan dunia seni bisa meningkatkan kesejahteraan fisik dan mental, termasuk depresi, demensia, rasa sakit kronis, dan lemah.


















sumber : CNNIndonesia.com

Related

Gaya Hidup 2634603807952333208

Post a Comment

emo-but-icon

item