Dandrem 163 Wirasatya Kunjungi Klungkung

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - Kerukunan antar umat beragama hendaknya dimulai dari kerukunan di interen umat itu sendiri, demikianlah yang disampaikan Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta di acara penyambutan kunjungan kerja Dandrem 163 Wirastya, Kolonel Arh. Nurchayo, selasa (28/7) kemarin. Bertempat di Ruang Pertemuan Kodim 1610 Klungkung, Kolonel Arh. Nurchayo diterima Bupati Suwirta didampingi Dandim 1610 Letkol Inj. Fransiscus Ari Susetyo, S.E., Wakil Bupati Made Kasta, Unsur FKPD, Ida Dalem Semaraputra, Pimpinan SKPD serta anggota Forum Kerukunan Umat Beragama. Acara yang sejatinya kunjungan kerja ini sengaja dimanfaatkan sebagai momen pertemuan bersama forum kerukunan umat beragama.
Dalam sambutannya Bupati Suwirta menekankan kerukunan di internen masing masing agama harus dikuatkan terlebih dahulu, jika ingin menciptakan kerukunan antar umat beragama. Karena jika kerukunan di interen masih rapuh, maka kerukunan dan kebersamaan antar umat beragama akan semakin sulit.  Bupati asal Ceningan ini juga mengajak Kapolres dan Dandim Klungkung untuk sesekali terjun bersama kelapangan untuk memantau situasi kehidupan sosial di masyarakat, serta memberikan arahan - arahan yang dapat menyejukkan warga.
Bupati Suwirta merasa faktor kehidupan  ekonomi dan mentalitas dari pada masyarakat akan sangat mempengaruhi dinamika kerukunan antar umat beragama. Untuk itu Kepada Dandim Klungkung dan Kapolres Klungkung, Bupati Suwirta mengajak untuk bahu - membahu dalam menjalankan program program pemerintah, dalam pengentasan kemiskinan, penguatan ketahanan pangan dan pemenuhan kebutuhan dasar lainnya untuk masyarakat.
Kunjungan kerja Dandrem 163 Wirastya Kolonel Arh. Nurchayo ini merupakan kunjungan kerja pertama kali sekaligus menjadi kunjungannya yang terakhir. Mengingat masa kerjanya sebagai Dandrem yang baru berjalan sebulan namun telah turun surat tugas baru sebagai Komandan Pusat Persenjataan Pertahanan Udara di Bandung, Jawa Barat. “Baru sebulan menikmati enaknya tugas di Bali, namun tadi malam sudah turun surat penugasan baru sebagai Komandan Pusat Persenjataan Pertahanan Udara,” Ujar Kolonel Nurcahyo.
Dirinya berharap sebelum masa jabatannya berakhir, kunjungan ke kodim kodim seluruh Bali dapat dilaksanakan. Dandrem yang yang menjabat sejak 22 Juni 2015 ini menilai, Bali sangatlah pantas dijadikan contoh kerukunan umat beragama dan ditularkan ke daerah daerah lain. Hal ini berdasarkan pantauan dan pengamatan yang telah dia lakukan selama sebulan menjabat sebagai Dandrem di Bali. Di akhir pidatonya, Kolonel Arh. Nurchayo berpesan kepada  para anggota TNI untuk terus melindungi dan menjaga segenap tumpah darah dan bangsa Indonesia.  
Sementara itu Dandim 1610 Klungkung Letkol Inj. Fransiscus Ari Susetyo, S.E. menyampaikan selamat kepada Kolonel Arh. Nurchayo karena telah mendapatkan promosi jabatan yang lebih tinggi.  Momen kunjungan kerja Dandrem 163 Wirastya, juga sengaja dikaitkan dengan penguatan komitmen kurukunan antar umat beragama mengingat pulau Bali diharapkan tidak mendapatkan imbas dari konflik sara yang telah terjadi di daerah lain.   
Dalam acara itu juga diisi dengan penandatangan komitmen forum kerukunan umat beragama serta penyerahan secara simbolis sebuah jamban dari Dandrem 163 Wirastya Kolonel Arh. Nurchayo  kepada Dandim 1610 Klungkung Letkol Inj. Fransiscus Ari Susetyo, S.E.. Pemberian bantuan jamban ini merupakan bentuk dukungan program jambanisasi yang sedang digalakkan Mabes TNI AD yang yang dijalankan Kodim 1610 di Kecamatan Nusa Penida. “ Dengan jamban ini, semoga kebutuhan dasar masyarakat dibidang kesehatan bisa terpenuhi.” Ujar Komandan yang murah senyum ini.

Related

Warta Semarapura 6934296313556507769

Post a Comment

emo-but-icon

item