12 November Diperingati Sebagai Hari Ayah Nasional, Begini Sejarahnya

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - Bagi warga Indonesia, peringatan Hari Ayah Nasional mungkin masih asing. Peringatan Hari Ibu yang dirayakan saban tahun setiap 22 Desember, barangkali lebih populer. Nah, hari ini, 12 November, ditetapkan sebagai Hari Ayah Nasional. Lantas bagaimana sejarah terciptanya Hari Ayah?


Dikutip dari Wikipedia, Hari Ayah terkonsep untuk menghormati peran ayah. Di Amerika dan lebih dari 75 negara lainnya, seperti Kanada, Jerman, Italia, Jepang, Belanda, Turki, Pakistan, Malaysia, Singapura, Taiwan, Filipina, dan Hongkong, peringatan Hari Ayah atau Father’s Day dirayakan pada hari Ahad di pekan ke tiga bulan Juni.



Di puluhan negara tersebut, perayaan Hari Ayah sudah dimulai sejak awal abad ke-12. Biasanya, masih kata Wikipedia, Hari Ayah dirayakan dengan pemberian hadiah kepada ayah dan kegiatan kekeluargaan. 



Selain semua itu juga Ayah adalah tulang punggung, sandaran, dan pelindung dalam sebuah rumah tangga. Di beberapa negara Eropa dan Timur Tengah, Hari Laki-laki Internasional atau International Men's Day (dalam bahasa Inggris) diperingati setiap 19 November.



Sementara di Indonesia Hari Ayah dirayakan saban 12 November, seperti pernah diploklamirkan di Solo, Jawa Tengah.

Dikutip dari Republika

Related

Life Style 5001597424165163476

Post a Comment

emo-but-icon

item