Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta melakukan kunjungan kerja ke sentra Kerajinan Gerabah

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta melakukan kunjungan kerja ke sentra Kerajinan Gerabah di wilayah Kasongan RT.04 Desa Bangunjiwo,Kabupaten Bantul Yogyakarta Minggu (29/1). Bupati Suwirta beserta Rombongan SKPD dan para Media berkesempatan melihat langsung  proses pembuatan Kerajinan Gerabah yang berasal dari tanah liat yang sudah dicampur dengan pasir halus. Bupati Suwirta yang diterima oleh ketua penglola tempat kerajinan Gerabah,Bambang Utoyo yang juga selaku instruktur Pengerajin Gerabah.
menurut Utoyo,Para pengrajin Gerabah yang berada diwilayah Kasongan ini sebagian besar dari Warga setempat,tempat ini selain digunakan untuk membuat Kerajinan juga sebagai tempat Pelatihan bagi siswa - siswa yang ada di Bantul Yogyakarta.tempat kerajinan ini dibawah binaan dari Diskoprindag Kabupaten Bantul bekerjasama dengan UPT Unit Pelayanan Teknis yaitu ,Koperasi.namun
Peran koperasi disini hanya sebagai penyedia modal saja.terkait dengan bentuk dan motif kerajinan yang di buat itu dari inovasi para pengrajin sendiri.
Bupati suwirta dalam kunjunganya mengatakan kunjungan kerja/ study ini bukan semata hanya sekedar ajang rekreasi, " yang paling penting bisa mencari perbandingan apa  yang dapat  lakukan dan bisa dikembangkan di klungkung,"terang bupati suwirta. 
Lebih lanjut Bupati Suwirta juga mengingatkan kepada  kepala dinas terkait agar memperhatikan, jangan hanya sekedar memberikan pelatihan namun mari kita mencoba utk melihat potensi - potensi dan lakukan inovasi untuk pengelolaanya. terkait dengan pengerajin Gerabah yang ada di desa tojan,pihaknya berharap bagi para pengrajin agar mampu mengembangkan produk, dan membuat beraneka ragam jenis kerajinan," jangan  membuat gerabah hanya untuk keperluan upacara saja mari kita buat Inovasi kerajinan yang baru," jelasnya.

Selain itu dari segi sovenir dan atraksi dari kerajinan gerabah Desa Wisata Kasongan, Suwirta terinspirasi untuk kembali nanti akan berkoordonasi untuk membangun kembali kerajinan gerabah yang ada di Desa Tojan, Klungkung. "Tentu tidak sebatas membuat cipluk atau ceretan utuk upacara, tetapi dikembangkan menjadi hasil kerajinan yang bernilai ekonomis,"terangnya.
Bupati, Suwirta berharap Sekda I Gede Putu Winastra berani memasang anggaran untuk memberikan pelatihan UMKM tidak hanya membuat gerabah. Dinas Sosial sebenarnya ada program pelatihan, akan tetapi selama ini tidak melihat potensi yang bisa dikembangkan dan inovasi. Seperti yang di Desa Wisata Kasongan yang selalu berinovasi. "Kalau kita tidak berani berinovasi maka kita akan tergilas oleh perkembangan zaman," ujar bupati asal Nusa Ceningan ini.
Peran pemerintah nanti agar lebih berani atau membuat bijakan sebagai bentuk keberpihakan pada UMKM. Suwirta juga mengajak jajarnya dari camat hingga lurah untuk lebih intensif ke lapangan melihat potensi yang ada. Jadi peran pemerintah dalam hal ini memberikan fasilitas dan ruang untuk berysaha dan pasar. Makanya nanti Pasar Seni Semarapura akan dipercepat perbaikan dan penataan. Termasuk juga kesiapan paar sebagai pussat oleh oleh program city tour.(humasklk)

Related

Warta Semarapura 7476562659471721113

Post a Comment

emo-but-icon

item