Aduh, Jerawat Timbul di Situ-Situ Aja, Apa Sih Penyebabnya?

Aduh, Jerawat Timbul di Situ-Situ Aja, Apa Sih Penyebabnya?
Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - 
MASALAH kulit seperti jerawat memang kerap dialami setiap orang. Tak memandang jenis kulitnya, kulit berminyak atau kulit kering mau pun kulit normal. Penyebabnya, entah karena hormonal atau pun memang kulit sedang bermasalah, jerawat juga bisa datang kapan saja.
Tapi yang sering menjadi pertanyaan, mengapa jerawat kerap muncul hanya dibagian itu-itu saja? Misalnya pada area T-zone yakni dahi dekat kedua alis mata sampai garis hidung, dan juga dagu atau tepat dibawah di bawah bibir.
Tentu ini ada jawabannya. Kedua area ini adalah area yang memiliki banyak sebum atau kelenjar minyak. Berikut lebih lanjut penjelasan dari dermatologist asal India, Navin Taneja, sebagaimana dilansir TheHealthSite, Rabu (15/2/2017).
Pori-pori tersumbat
Terjadi pemblokiran pori-pori yang mengakibatkan minyak terperangkap di dalam lapisan kulit dan menjadi jerawat. Karena, pastikan wajah selalu bersih setelah beraktivitas seharian.
Bakteri yang menumpuk
Karena bakteri propionibacterium acnes, yang memproduksi zat kimia yang meningkatkan komposisi minyak. Akhirnya, mengiritasi kulit dan menyebabkan peradangan.
Hormonal
Kadang, jerawat di dagu dan T-zone juga dihubungkan dengan perubahan hormonal. Kelenjar sebaceous berada di bawah kendali hormonal, terutama androgen.
Kurangnya kekebalan tubuh

Jerawat yang datang di area yang sama juga disebabkan oleh kurangnya sistem kekebalan tubuh. Yang mana berarti Anda kurang mengonsumsi banyak makanan yang bergizi dan juga kurangnya perlindungan dari luar seperti krim-krim pelindung. Gangguan sistem pencernaan juga ternyata berkaitan dengan jerawat di sekitar dagu dan T-zone.

(okezone)

Related

Gaya Hidup 7896998740040288386

Post a Comment

emo-but-icon

item