LAKUKAN CARA-CARA BERIKUT UNTUK MEMBENTUK PERUT SIX-PACK DALAM WAKTU SATU BULAN SAJA!



Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - Pernahkah bermimpi untuk mendapatkan perut six-pack seperti Captain America? Hmm, bagi sebagian orang, membentuk six-pack alias otot di perut mungkin memang sesulit mendapatkan teman hidup. Tapi tenang aja, Loop bakal kasih rahasia membentuk perut six-pack dalam waktu satu bulan saja!!!

Gak percaya? Simak tips berikut ini ya, Loopers!

Rencanakan porsi latihan yang pas

1. Cek presentase lemak dalam tubuh
Sumber: lifescience.com

Pada dasarnya, six-pack di perut Loopers bisa muncul saat presentase lemak dalam tubuh mencapai angka tertentu. Umumnya sih 13% untuk cowok dan 17% untuk kamu yang cewek. Tapi, hal ini gak berlaku buat semua orang karena tubuh manusia memiliki kondisi yang berbeda-beda dan unik.
Loopers bisa mengetahui kadar lemak di tubuh lewat alat yang biasanya sudah disediakan di tempat gym. Lalu, bagaimana kalau kamu tidak bergabung di tempat gym? Tenang, kamu bisa mengeceknya di sini.
Nah, cara paling simpel untuk mengetahui kadar lemak yang harus dibuang adalah dengan meyamakannya dengan bobot tubuh lewat rumus berikut:
(% lemak yang harus dihilangkan) x (berat badan) = berat badan yang harus diturunkan
Misalnya, berat badan kamu sekarang 76 kg dengan lemak sebesar 18 %, maka Loopers harus menghilangkan 6% lemak supaya presentase lemak yang tersisa sebesar 12%. Maka (0,06) x (76) = 4,56 kg.
2. Buat rencana latihan secara rinci
Sumber: moz.com

Setelah mengetahui bobot badan yang harus diturunkan, langkah selanjutnya dalam membentuk perut six-pack adalah dengan merencanakan pola latihan.
Lakukan latihan kardiovaskular seperti jogging pada hari. Sementara latihan otot bisa Loopers lakukan di siang dan sore hari tergantung pada kesibukan. Lakukanlah cara ini secara konsisten dengan kombinasi diet sehat yang akan Loop bagikan dalam tips selanjutnya.
3. Lakukan beberapa latihan khusus
Sumber: about.mapmyfitness.com

Agar perut six-pack impian Loopers dapat kamu dapatkan dalam waktu sebulan, kamu juga butuh latihan khusus. Tidak perlu bergabung di tempat gym dengan bayaran selangit, kamu pun bisa melakukannya sendiri di rumah. Kuncinya satu, konsisten dalam menjalankan latihan.
- Berbaringlah di atas alas yang empuk, angkat kaki setinggi bangku untuk melatih otot perut bagian bawah
- Untuk otot perut bagian atas, cukup naikkan kakimu hingga setinggi perut
- Terakhir, pelintir tubuhmu dalam posisi berbaring untuk melatih otot perut bagian samping

Lakukan kombinasi ketiga latihan tersebut setidaknya 5 kali dalam seminggu. Masing-masing latihan harus diisi dengan 3 hingga 4 set yang terdiri dari minimal 30 kali pengulangan. Nah, kamu juga bisa menambah beban dengan dumble atau gym ball untuk hasil yang lebih baik.
4. Lakukan HIIT bila perlu
Sumber: muscleandfitness.com

Banyak yang berpikir otot six-pack dapat diraih lewat berbagai latihan otot. Gak sepenuhnya salah sih, tapi Loopers juga perlu latihan kardiovaskular untuk menghilangkan lemak-lemak di tubuh terutama bagian perut. Nah salah satu latihan kardiovaskular yang dapat Loopers lakukan adalah lewat HIIT alias High Intensity Interval Training.
Contoh latihan HIIT yang bisa Loopers lakukan untuk membentuk perut six-pack dalam satu bulan adalah kombinasi lari dan berjalan. Misalnya, berlari sejauh 100 meter lalu kembali ke tempat semula dengan berjalan cepat. Lakukan latihan ini dalam 10 set selama 30 menit di pagi hari. Kombinasikan juga dengan latihan otot yang telah kamu rencanakan sebanyak 5 kali dalam seminggu.

DIET!!!

1. Hindari junk food
Sumber: lifefoodluxury.com

Doyan ngemil atau makan makanan cepat saji? Mulai saat ini, sebaiknya hindari makanan-makanan sampah tersebut supaya perut kotak-kotak impian Loopers dapat terwujud.
Daripada makan makanan yang gak sehat, lebih baik berinvestasi dengan membeli makanan bernutrisi. Selain baik untuk pembentukan otot, makanan sehat juga penting untuk kesehatan kamu di masa depan.
2. Makanlah dengan porsi seimbang
Sumber: smartstopselfstorage.ca

Untuk membentuk perut six-pack dalam waktu satu bulan, Loopers perlu menutrisi tubuh dengan makanan bergizi seimbang. Konsumsi lebih banyak protein dengan makanan pendamping lainnya seperti buah dan sayur-sayuran.
Sebaiknya, konsumsi sesedikit mungkin karbohidrat dan makanan dengan kadar lemak yang tinggi. Eits, tapi jangan hilangkan karbohidrat dalam menu makanan sehari-harimu, ya. Bagaimanapun juga, karbohidrat dibutuhkan sebagai suplemen protein kamu.
3. Makan sebanyak 6 kali sehari
Sumber: nutritionsecrets.com

Diet itu bukan berarti kamu harus gak makan ya, Loopers. Sebaliknya, Loopers perlu sedikitnya makan enam kali dalam sehari untuk membentuk perut six-pack dalam waktu satu bulan. Kira-kira, beginilah pola makanmu untuk membentuk otot:
  • Satu butir telur dengan roti gandum sebagai menu sarapan
  • Camilan: yoghurt rendah lemak
  • Konsumsi banyak sayur-sayuran sebagai menu makan siang
  • Makan buah-buahan sebagai makanan pendamping atau camilan
  • Makan ayam di malam hari dengan minuman berprotein sebagai camilan
4. Minum air sebanyak-banyaknya
Sumber: rghospitals.com

Selama membentuk perut six-pack ini, Loopers tidak boleh melewatkan ritual minum. Hal ini dilakukan untuk mencegah dehidrasi selama hari-hari penuh latihan dan kegiatan fisik.
Nah, lakukan semua cara membentuk perut six-pack di atas secara konsisten. Selamat mencoba dan sambutlah kotak-kotak indah di perutmu dalam waktu satu bulan!(loop)

Related

Gaya Hidup 4735471727444493958

Post a Comment

emo-but-icon

item