5 Alasan untuk mulai mencoba masak dengan panci tanah liat



Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - Panci tanah liat adalah peralatan memasak yang dapat dengan mudah ditemui di Indonesia. Umumnya panci tanah liat digunakan sebagai elemen dekoratif di restoran yang berciri khas Indonesia entah itu sebagai wadah makanan atau sebagai hiasan.

Well, apakah panci tanah liat sebenarnya bisa digunakan untuk memasak? Menurut penelitian yang dilansir dari boldsky.com, memasak dengan panci tanah liat ternyata bisa dilakukan dan malah menyimpan manfaat sehat seperti berikut ini.

  • Ketika kamu memasak menggunakan panci yang berbahan aluminium, titanium, nikel, atau kromium maka ada kemungkinan bahwa partikel bahan tersebut masuk ke dalam masakanmu. Sementara memasak dengan panci tanah liat tidaklah demikian. Dan ternyata alat masak ini membantu mempertahankan sebagian nutrisi yang ada dalam makanan.
  • Ketika kamu menyimpan air di dalam botol atau gelas plastik, maka ada bahan kimia seperti BPA dalam plastik yang bisa membahayakan kesehatan. Sedangkan air minum yang disimpan dalam kendi atau panci tanah liat justru memiliki rasa yang manis, alami, dan menyegarkan.
  • Beberapa penelitian menyatakan bahwa air yang disimpan dalam wadah plastik bisa mengurangi kadar testosteron dalam tubuh. Sementara penggunaan tanah liat untuk menyimpan air akan membantu menjaga kadar testosteron dalam tubuh.
  • Tanah liat bersifat basa yang bisa menjaga keseimbangan pH dalam air. Oleh karena itu ketika kamu memasak menggunakan panci tanah liat, maka sifat ini akan menetralkan asam dalam makanan sehingga membuat masakan jadi lebih sehat.
  • Tanah liat tidak beracun. Panci tanah liat bisa mengunci uap, mempertahankan kandungan nutrisi dalam air, menjaga panas makanan, serta ramah lingkungan.
Well, memasak menggunakan panci tanah liat memang bisa dibilang sedikit merepotkan. Namun demi alasan kesehatan, maka tak ada salahnya jika kamu mencobanya.
(merdeka.com)

Related

Gaya Hidup 8200941358400491275

Post a Comment

item