Agar Tak Boros, Intip 4 Langkah Ajarkan Uang pada Anak



Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - Setiap orangtua pasti ingin anaknya bisa mewarisi sifat bijak dalam mengatur keuangan. Meski begitu, hal ini bukanlah sesuatu yang bisa dilakukan dengan cepat.
Selain bisa diajarkan, Anda juga harus memperlihatkan kebiasaan yang baik dalam mengelola keuangan. Sebuah studi mengungkap, orangtua yang memiliki kebiasaan buruk soal keuangan juga akan berlanjut kepada anaknya.
Ada beragam cara yang bisa Anda lakukan agar sang anak bisa belajar uang dan tidak boros dalam keseharian. Apa saja? Berikut ulasannya dari cheatsheet.com, Minggu (16/4/2017):

1. Perkenalkan uang
Cara pertama yang bisa Anda lakukan agar anak belajar tentang uang adalah dengan memperkenalkan uang. Pada tahap inilah Anda selaku orang tua bisa memperkenalkan uang kepada anak. Beri tahu bentuk, berapa nominalnya, serta apa saja yang bisa didapatkan dengan menggunakan uang tersebut.
2. Ajarkan fungsi uang
Sedari dini, akan lebih baik apabila Anda sudah mengajarkan fungsi uang. Hal ini termasuk cara membelanjakannya secara bijak, cara menambah nilai uang, dan lain-lain. Jelaskan fungsi uang secara sederhana namun detail dan mudah dipahami oleh anak Anda.
3. Beri celengan
Celengan adalah wadah menabung yang sangat favorit di kalangan anak-anak. Ajarkan anak menabung dengan menghadiahinya dengan celengan.
4. Jelaskan perbedaan keinginan dan kebutuhan
Penting bagi anak untuk mengetahui apa perbedaan keinginan dan kebutuhan. Melakukan hal ini maka anak akan bisa dengan mudah mengetahui barang yang dibelinya termasuk dalam kategori apa. Si anak juga bisa dengan perlahan belajar menahan niatnya.

(Liputan6)

Related

Berita Ekonomi 7218205250684434418

Post a Comment

item