Pasar Ikan di Jepang Jual Ikan Tuna Langka Rp 8,1 Miliar



Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - Seekor ikan tuna berjenis bluefin mampu terjual dengan harga selangit dalam sebuah lelang. Ikan seberat 212 kilogram tersebut dibeli Kiyoshi Kimura, pemilik restoran Sushi Zanmai dengan harga US$ 614 ribu atau setara Rp 8,1 miliar.
Ini bukan kali pertama Kiyoshi Kimura membeli ikan dengan harga sangat mahal. Melansir Reuters, Senin (17/4/201) pria ini sudah enam kali berturut-turut menghabiskan uangnya dalam lelang ikan yang digelar di Pasar Ikan Tsujiki di Tokyo, Jepang.

Ikan yang dibeli Kimura merupakan ikan tuna jenis langka asal perairan Pasifik. Ikan tuna ini banyak dipakai sebagai bahan dasar hidangan sushi.
Meski harga ikan ini sangatlah mahal, uang yang dikeluarkan Kimura masih lebih sedikit dibanding pemenang lelang tahun-tahun sebelumnya yang rela membayar hingga US$ 1,3 juta untuk membeli ikan.

Pasar ikan Tsujiki memang menyelenggarakan lelang ikan eksotis tiap tahun. Pasar yang didapuk sebagai pasar ikan terbesar dunia ini menjual hingga 400 jenis makanan laut, mulai dari rumput laut yang murah hingga kaviar yang sangat mahal.
Setiap tahunnya, sekitar 700 ribu ton makanan laut bisa terjual di pasar ini hingga mencapai US$ 5,9 miliar atau setara Rp 77,3 triliun.

(Liputan6)

Related

Berita Ekonomi 3545658770219412840

Post a Comment

item