3 Tips Jitu Berhemat ala Mahasiswa Rantau


Lulusan Jurusan ini Paling Mudah Dapat Pekerjaan di 2016

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - Sebagai mahasiswa rantau, apa yang dirasakan ketika menerima uang jajan yang terbatas? Senang, sedih atau bingung? Sebagian mahasiswa mengatakan mereka senang karena uang jajan terbatas tidak membuat orangtua terlalu terbebani.
Sementara mereka yang merasa sedih karena kebutuhan yang banyak tidak bisa dipenuhi oleh uang bulanan yang juga terbatas.
Tentu saja banyak mahasiswa bingung, dengan biaya kebutuhan seperti itu mereka harus bisa menerima uang jajan yang terbatas.

Mahasiswa rantau umumnya identik dengan mengonsumsi mi instan, menggunakan uang untuk kebutuhan sehari-hari, pakaian dan makanan terbatas, dan jika sakit maka tidak memiliki uang.
Nah, untuk para mahasiswa, tips hemat ala mahasiswa rantau ini mungkin bisa mendukung Anda untuk menghemat seperti dikutip dari Cermati.com:
1. Gunakan uang tunai
Mahasiswa rantau harus pandai-pandai mengatur dan juga mengelola uang yang dimiliki. Terutama jika pemberiannya terbatas dan cenderung menuntut Anda untuk mencukupi kebutuhan dengan uang tersebut tanpa tambahan.
Nah, karena ada beberapa mahasiswa yang sudah terbiasa menggunakan kartu kredit, sebaiknya hindari deh. Dibanding menggunakannya untuk berfoya-foya yang nantinya tagihan kartu kreditnya dibayar menggunakan uang jajan kalian. Wah, tentu bisa pusing kan uang yang sudah terbatas menjadi lebih limit lagi.
Kartu kredit memang memudahkan orang yang sulit memenuhi kebutuhan tiap bulannya. Dengan menggunakan fasilitas kredit, maka kita bisa memutar uang yang digunakan untuk dibayarkan secara mencicil nantinya di awal atau akhir bulan.
Namun hal ini sangat tidak worth it alias tidak berguna untuk para mahasiswa rantau, karena kartu kredit termasuk kebutuhan tersier, dan bukan hal yang dibutuhkan dengan mendesak untuk mahasiswa rantau.
Selain itu, uang tunai bisa memudahkan Anda untuk mengatur pengeluaran dan juga pemasukan setiap harinya. Apalagi, di sekitar kosan atau kampus pasti sangat jarang tempat yang menyediakan fasilitas gesek kartu kredit atau ATM, kecuali di mal.
Nah uang tunai bisa memudahkan Anda untuk menggunakan uang tersebut untuk memenuhi kebutuhan.

(Liputan6)

Related

Gaya Hidup 3120423802792691766

Post a Comment

item