Dharma Santi Nyepi Tahun Caka 1939, Pemkab Klungkung Jamin Kesehatan Para Sulinggih

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - Para sulinggih se-Kabupaten Klungkung kini telah dilindungi Kartu Indonesia Sehat (KIS) BPJS Kesehatan. Dengan biaya yang keseluruhannya ditanggung oleh Pemkab Klungkung, para sulinggih ini menikmati Jaminan Kesehatan Kelas I secara gratis. Demikian disampaikan Wakil Bupati Klungkung Made Kasta seusai menyarahkan secara simbolis Kartu Indonesia Sehat dari BPJS Kesehatan, dalam acara Dharma Shanti Nyepi tahun caka 1939 , Kamis (4/5) kemarin. Dirinya menambahkan bahwa ini sebagai bukti kepedulian Pemkab Klungkung dalam menjamin kesehatan para sulinggih atau pemuka agama.

Dalam sambutan Bupati Klungkung yang dibacakan oleh Wakil Bupati Klungkung Made Kasta juga disampaikan pelaksanaan Dharma Santi Nyepi kali ini memiliki makna strategis karena baru saja memperingati Hari Puputan Klungkung ke 109. Dimana telah terjadi pertempuran pada 109 tahun yang lalu demi tegaknya Dharma. Untuk itu dirinya mengajak seluruh umat beragama tanpa kecuali untuk sama sama berpartisipasi  membangun Klungkung menuju Unggul dan Sejahtera melalui program Gema Santi. “Semoga dengan tahun baru saka ini akan semakin terjalin kerukunan yang harmonis antar umat beragama serta pemerintah,” ujar Wabup Kasta. Dirinya juga mengapresiasi, perayaan Nyepi Tahun Baru Caka 1939 di Kabupaten Klungkung telah berjalan dengan aman.  

Sementara itu Kadisbudpora Nyoman Mudarta selaku leading sector kegiatan ini mengatakan pelaksanaan dharma shanti yang digelar setiap peralihan tahun baru caka mempunyai makna sebagai salah satu bentuk konsep wujud sikap menyama braya/silaturahmi antar sesama umat beragama, dalam rangka meningkatkan spitualitas rohani sebagai upaya menciptakan kerukunan beragama. Selain itu melalui acara ini diharapkan akan semakin meningkatkan srada bakti kepada Ida Sang Hyang Widi Wasa.

Selain penyerahan kartu KIS, diserahkan pula sebanyak 20 tempat sampah senilai Rp 20 juta dari BPJS Kesehatan oleh ketuanya Nengah Sutrisni kepada Pemkab Klungkung. Bantuan ini merupakan wujud kepedulian BPJS Kesehatan yang turut serta dalam pembangunan di Klungkung. Pada acara yang di gelar dibalai budaya Ida Idewa Agung Istri Kanya ini ditutup dengan dharma wacana oleh Ida Pedanda Gede Wayahan Keniten dengan tema Melalui Dharma Santi Nyepi, Kita Tingkatkan Srada Bhakti Dalam Menunjang Program Gema Santi.

Turut hadiri Ida Dalem Semaraputra, FKPD, sejumlah aggota DPRD Klungkung, Kepala kantor kementerian agama IB Oka Yusa M. Perwakilan Lembaga Umat serta para Perbekel dan Bendesa se Kabupaten Klungkung.

(HUMASKLK/jim)

Related

Warta Semarapura 2400434527899095719

Post a Comment

item