Gedung Putih Tak Sebut Nama Pasangan Gay PM Luxembourg, Mengapa?


Sesi Foto Pasangan Pemimpin NATO

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - Pasangan sejenis Perdana Menteri Luxembourg, Gauthier Destenay, menjadi berita utama pekan lalu. Gara-garanya, pria berjuluk 'First Gentlemant' itu berfoto bersama para istri pemimpin NATO lainnya, termasuk dengan First Lady Amerika Serikat, Melania Trump.
Langkah berani suami dari PM Xavier Bettel itu dipuji sebagai hal positif untuk merepresentasikan kelompok LGBT. Namun, Gedung Putih tampaknya kurang senang dengan keputusannya itu.
Dikutip dari The Independent, pada Selasa (30/5/2017), ketidaksukaan Gedung Putih terlihat saat pihak kediaman Presiden Donald Trump itu menggungah foto itu ke laman Facebook mereka. Dalam media sosial resmi mereka, nama Destanay dihilangkan dari keterangan gambar.

Dalam keterangan foto Facebook Gedung Putih, tak satupun nama Destenay disebut. Justru, nama Melania ditulis dua kali.
"First Lady Melania Trump berpose dengan Ratu Belgia Mathilde, tengah, dan pasangan para pemimpin NATO lainhya. Mereka adalah, First Lady Emine Erdogan dari Turki, Nyonya Margret Baldvinsdottir dari Islandia, First Lady Prancis Briggitte Trogneux, First Lady Melania Trump, dan dari Slovenia Nyonya Mojca Stropnik, dari Bulgaria Dasislava Radeva, dan dari Beligia Amelie Derbaudreghien, serta dari Norweigia Ingri Schulerud di Istana Kerajaan di Brussels, pada Kamis 25 Mei 2017," demikian keterangan foto yang ada di Facebook Gedung Putih.

Kantor sekaligus kediaman Presiden AS sama sekali tak menyebut Luxembourg, padahal jelas-jelas, Destenay berdiri menjulang di belakang Melania.
Akibat dari 'tindakan' itu, sejumlah netizen protes terhadap 'kealpaan' Gedung Putih yang tak menyebut nama suami pasangan PM Luxembourg.

"Bagaimana dengan suami PM Luxemburg yang merupakan pasangan sejenis pertama di pemerintahan negara itu?" tulis akun GLADD yang mengaku sebagai organisasi pro-LGBT.
"Tidak menuliskan nama First Gentleman dari Luxembourg adalah bentuk ketidakhormatan dari Gedung Putih, tolong dibenarkan caption-nya," lanjut keberatan organisasi itu.

Tak beberapa lama, pengelola Facebook Gedung Putih meralat dan menambahkan nama suami dari PM Luxembourg. Namun, nasi sudah menjadi bubur, jejak digital berhasil men-screen captured 'kealpaan' Gedung Putih yang diduga disengaja. 
Destenay adalah arsitek kelahiran Belgia. Ia menikahi PM Bettel pada tahun 2015. Mereka adalah pasangan gay pemimpin dunia pertama yang menikah secara resmi.

(Liputan6)

Related

Dunia 4750814263994458003

Post a Comment

item