Pemkab Klungkung Jalin Kerjasama Dengan BIG Bogor

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - Dalam rangka pemetaan dengan inventerisasi sumber-sumber alam dan potensi daerah Kabupaten Klungkung untuk menunjang pembangunan nasional, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta dan Kepala Badan Geospasial nasional (BIG), menandatangani naskah perjanjian kerjasama tentang Pembangunan Simpul Jaringan Informasi Geospasial di ruang rapat Gedung S Kantor BIG, Bogor, Jabar Selasa (23/5). Melalui kerjasama ini BIG bersama Pemkab Klungkung akan membangun data informasi geospasial yang handal, dapat dipertanggung jawabkan dan mudah diakses bagi para pengambil kebijakan. Kegiatannya akan meliputi pengumpulan data pengolahan, penyimpanan data dan informasi dan penggunaan informasi goespasial dasar. Hasil pengumpulan data nantinya akan dimanfaatkan dalam penyusunan rencana dan program di bidang informasi spasial.

Pemerintah Kabupaten Klungkung sangat menyambut baik kerjasama dengan BIG ini. Bupati Suwirta berharap BIG akan dapat membantu percepatan pembangunan Kabupaten, melalui data informasi geospasial yang akurat yang akan digunakan sebagai acuan oleh para pengambil kebijakan dipusat.

“Kabupaten Klungkung dengan berbagai potensi dan keunggulannya, serta berbagai julukan yang telah disematkan oleh Pemerintah pusat, melalui kerjasama ini diharapkan akan semakin membantu memberikan data yang akurat kepada pihak pengambil keputusan untuk ikut  membangun Kabupaten Klungkung,” ujar Bupati Suwirta.

Dirinya menambahkan Pemkab Klungkung akan mendapatkan keuntungan dengan adanya kerjasama tersebut, diantaranya Pemkab Klungkung akan mendapatkan data dan informasi geospasial sesuai dengan UU yang ada. Pengolahan, penyimpanan dan penggunaan data informasi geospasial serta bimbingan dan pendampingan dalam penyusunan peraturan dan kebijakan terkait pembangunan di wilayah Kabupaten Klungkung.

Sementara itu Kepala Badan Informasi Geospasial Hasanuddin Zainal Abidin mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi Pemerintah Daerah yang mau bekerjsama dengan instansinya. Menurutnya kontribusi Pemerintah Daerah untuk membangun Informasi Geospasial Dasar (IGD) sangat diperlukan untuk mempercepat pemenuhan kebutuhan penyusunan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) dan pemenuhan kebutuhan di daerah daerah seluruh nusantara. 

BIG berupaya menghubungkan seluruh Indonesia melalui sìmpul jaringan. "Seluruh kabupaten kota se-Bali diupayakan akan dikerjakan tahun ini, simpul jaringan harus menghubungkan Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten di seluruh Indonesia," ujar Kepala Badan Informasi Geospasial Hasanuddin Zainal Abidin.

Selain Pemkab Klungkung hadir pula sejumlah kepala daerah atau perwakilan sejumlah kabupaten kota se-Bali.

(HUMASKLK/Jim)

Related

Warta Semarapura 8717059055848260650

Post a Comment

item