5 Tips Mendapatkan Pekerjaan Magang Impian


Ingin Karier Sukses? 3 Hal yang Harus Kamu Lakukan Saat Magang

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - Bekerja magang sebaiknya Anda lakukan saat masih berstatus sebagai mahasiswa. Banyak manfaat bisa Anda peroleh saat bekerja magang. Salah satu manfaat utama dari bekerja magang, bisa memberikan Anda pengalaman kerja. 
Apalagi di era sekarang ini, banyak perekrut mencari karyawan yang memang memiliki pengalaman sebelumnya, meski mereka baru lulus dari sekolah.

Anda juga bisa mendapatkan pengalaman lebih mendalam akan satu bidang atau industri saat magang. Bekerja magang ikut membantu menumbuhkan kepercayaan diri, membangun jaringan atau bahkan membuat Anda bisa langsung direkrut sebagai karyawan di tempat melakukan pekerjaan magang.
Berikut adalah lima tips yang akan membantu Anda mendapatkan pekerjaan magang impian, seperti mengutip Jobstreet, Jumat (9/6/2017).

1. Pahami Diri Anda Sendiri
Mengasumsikan bahwa ini adalah pencarian pekerjaan magang pertama Anda. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah benar-benar memahami beberapa hal terlebih dahulu. 
Tanyakan pada diri Anda sendiri pertanyaan-pertanyaan ini; 
-Apa yang benar-benar saya inginkan dari pekerjaan magang ini dan organisasi di mana saya akan bekerja?
- Apa jenis pekerjaan atau industri yang sebaiknya saya masuki? 
- Apa yang saya inginkan/ butuhkan untuk belajar dari pekerjaan magang ini? (Anda harus benar-benar berpikir menyeluruh tentang alasan mengapa Anda menginginkan suatu pekerjaan magang dan apa yang Anda secara pribadi ingin dapatkan dari pekerjaan tersebut).

Jika Anda dapat menemukan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan ini, maka ini akan mempersempit pilihan perusahaan yang ingin dimasuki.
2. Lihat ke Segala Arah
Anda sejujurnya tidak dapat memprediksi dimana dan kapan mungkin mendapatkan pundi emas. Gunakanlah setiap sumber yang mungkin untuk menemukan pekerjaan magang yang tepat yang Anda cari.
Cobalah berkonsultasi dengan konsultan karir perguruan tinggi di tempat berkuliah. Atau coba bertanya pada teman kuliah, tempat di mana mereka melakukan pekerjaan magang. Pergunakan jaringan alumni sekolah, manfaatkan sumber daya yang mungkin dimiliki orang tua dan teman.
Jangan membatasi diri Anda sendiri hanya pada satu spesifikasi pekerjaan atau satu industri. Tetaplah berpikiran terbuka, terutama terhadap perusahaan, lokasi, dan industri.

selanjutnya

3.Buatlah resume Anda sebaik-baiknya
Salah satu dari hal-hal utama yang Anda ingin lakukan sebelum dengan aktif mencari suatu pekerjaan magang adalah membuat sebuah resume yang baik.
Anda harus memastikan bahwa resume Anda benar-benar sebenar-benarnya. Hal ini berarti bahwa tidak ada kesalahan tata bahasa.
Sebagai tambahan, untuk memastikan bahwa resume dan lamaran Anda tak salah, juga harus memastikan menyertakan informasi yang para perekrut seringkali ingin tahu seperti pengalaman relevan yang Anda miliki dalam bidang tempat magang.
Buatlah resume Anda singkat dan padat. Sebaiknya dibuat hanya 2 halaman. Jika Anda kesulitan untuk memadatkannya, potonglah hal-hal yang paling tidak penting.
4. Kirimkan Lamaran Lebih Awal
Kebanyakan perusahaan mempunyai batas waktu bagi lamaran pekerjaan magang yang seringkali berbulan-bulan sebelum dimulainya pekerjaan magang itu sendiri. Terlewat batas waktu aplikasi magang yang Anda benar-benar inginkan bisa mengacaukan situasi dan akan menutup peluang bahkan sebelum Anda berkesempatan untuk melamar pekerjaan itu.

5. Berikan kesan baik saat Wawancara

Anda bisa diterima wawancara karena resume dan aplikasi yang dikirimkan telah mengesankan calon perekrut dan inilah waktunya untuk menunjukkan hal tersebut.
Anda tidak akan pernah dapat kesempatan kedua untuk membuat kesan pertama. Anda bisa melakukan apapun untuk bisa mengesankan orang-orang yang mewawancarai Anda.
Hal ini bisa dilakukan melalui bahasa, pakaian dan bagaimana menjawab pertanyaan-pertanyaan.
Ketika mencari pekerjaan magang, ingatlah bahwa tidak pernah ada kata terlalu dini untuk mulai memikirkan karir, dan bahwa pengalaman apapun akan membantu menapaki dunia kerja.

(Liputan6)

Related

Info Unik 1788156782404682032

Post a Comment

item