Ternyata, air liur pun bermanfaat untuk menyembuhkan luka di kulit



Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - Apa yang akan kamu lakukan saat kamu terjatuh dan muncul luka ringan berdarah di kulitmu? Biasanya kamu akan mencucinya, mengoleskan obat penghenti luka, serta menutupnya dengan kasa steril.

Well, sebuah penelitian yang dilansir dari boldsky.com menemukan cara sederhana nan unik untuk menyembuhkan luka ringan yaitu dengan mengoleskan air liurmu sendiri.

"Sebuah senyawa dalam air liur manusia dapat meningkatkan proses penyembuhan luka dan pembentukan pembuluh darah. Penelitian menemukan bahwa efek histatin peptida pada angiogenesis atau pembentukan pembuluh darah sangat penting untuk efisiensi penyembuhan luka," ujar peneliti Vincent Torres dari University of Chile.

"Temuan ini membuka alternatif baru untuk lebih memahami unsur biologi unsur penyembuhan luka serta pengobatan oral," tambahnya.

Penelitian yang melakukan percobaan pada 3 tingkat: pembentuk pembuluh darah atau endotel, sel dalam kultur, serta embrio ayam sebagai hewan percobaan ini diharapkan mampu berlanjut pada penemuan lainnya yang menggunakan molekul yang sama untuk membantu menyembuhkan luka.

(Liputan6)

Related

Gaya Hidup 404503079350609748

Post a Comment

item