19 Cara memutihkan gigi secara alami



Srinadi 99,7 FM | Radio Bali  - Anda termasuk tipe orang yang mudah senyum? Apakah Anda sudah merasa percaya diri dengan senyum Anda yang mempesona. Eits, tunggu dulu. Gigi yang Anda tunjukkan saat tersenyum apakah sudah putih bersinar atau justru kuning? Punya gigi kuning tentu membuat orang yang melihat senyum Anda justru jijik dan merasa tidak nyaman. Gigi kuning bisa jadi penyebab Anda diejek oleh teman-teman Anda. Pokoknya punya gigi kuning itu nggak banget deh. Sudah bikin nggak pede, mau bicara malu, mau senyum malu. Gak enakkan? Ketahui dulu penyebab gigi kuning sebelum Anda mulai mencoba cara memutihkan gigi.

Penyebab gigi kuning

  1. Cara menyikat gigi yang salah

Jarang kita sadari bahwa kita menyikat gigi dengan cara yang salah. Mungkin ada sebagian yang beranggapan, “Yang penting sikat gigi supaya mulut nggak bau.” Hal ini tentu merupakan cara berpikir yang salah. Karena jika Anda asal-asalan menyikat gigi, maka sisa makanan yang ada pada gigi Anda tidak akan terbasmi dengan sempurna. Hal ini akan menyebabkan kuman-kuman pada sisa makanan membuat gigi Anda menjadi kuning. Maka dari itu, mulailah terapkan cara menyikat gigi dengan benar selama minimal 2 menit.
  1. Jarang menyikat gigi

Penyebab gigi kuning selanjutnya adalah jarang menggosok gigi. Ketika Anda jarang dan malas menggosok gigi Anda, maka Sisa makanan akan menumpuk dan membuat gigi Anda menjadi kuning. Rajinlah menyikat gigi 2 kali sehari. Setelah sarapan dan sebelum tidur.
  1. Kebiasaan merokok

Nikotin yang ada pada rokok dapat menyebabkan gigi menjadi kuning
  1. Kopi

Kandungan kafein yang tinggi pada kopi bisa membuat gigi menjadi kuning. Bahkan jika Anda kebiasaan minum kopi, gigi bahkan bisa menjadi hitam.
  1. Alkohol

Kebiasaan meminum minuman beralkohol juga dapat menyebabkan gigi menjadi kuning. Tidak hanya itu, alkohol memang sebenarnya tidak baik untuk kesehatan Anda.
Nah itulah ke-5 penyebab mengapa gigi Anda bisa menjadi kuning. Daripada Anda harus terus merasa tidak percaya diri karena memiliki gigi kuning. Langsung saja Anda simak cara memutihkan gigi di bawah ini.

Cara memutihkan gigi secara alami

Cara memutihkan gigi memang banyak. Namun daripada Anda harus merogoh kocek untuk datang ke dokter atau membeli obat pemutih gigi, lebih Anda mencoba cara memutihkan gigi secara alami. Terbukti ampuh dan tentu saja tidak ada efek samping.
  1. Siwak


Ilustrasi siwak ©2017 virtualdentalmuseum.org

Siwak dari dulu memang terkenal sebagai obat herbal untuk menjaga kesehatan mulut Anda. Siwak dapat menghambat pertumbuhan bakteri, mengikis plak, mencegah gigi berlubang, terutama untuk memutihkan gigi. Nenek moyang biasa menggunakan siwak dengan cara dikunyah batangnya.
Cara memutihkan gigi secara alami menggunakan siwak adalah dengan mengoleskan batang siwak bersih yang telah ditumbuk halus pada gigi secara merata. Atau mencampurnya dengan air hingga berbentuk pasta kemudian mencampurnya lalu menggunakannya sebagai pasta gigi.
  1. Daun sirih


Ilustrasi daun sirih dedaunan.com

Daun sirih merupakan resep tradisional sejak jaman nenek moyang yang terbukti ampuh sebagai cara memutihkan gigi secara alami. Apakah Anda pernah melihat nenek atau kakek Anda menguyah sesuatu hingga mulutnya berwarna merah. Yang mereka kunyah adalah daun sirih. Daun sirih berguna sebagai penguat gigi, menghentikan pendarahan pada gusi, menghilangkan bau mulut, dan juga sebagai cara memutihkan gigi secara alami. Anda bisa menggunakannya dengan cara dikunyah atau merebusnya kemudian digunakan untuk berkumur. Bisa juga dengan ditumbuk lalu oleskan pada gigi secara merata
  1. Daun salam


ilustrasi daun salam ©www.thekitchn.com 

Daun salam kaya akan kandungan yang dapat menjaga kesehatan gigi secara efektif. Minyak atsiri, sitral, tannin, flavonoid, metal kavikol, juga mengandung Vitamin A, B, C, D serta kalsium, zat besi, kalium dan magnesium adalah dalam daun salam. Ke semua zat ini ampuh sebagai cara memutihkan gigi secara alami. Caranya adalah dengan menumbuk halus daun salam, campurkan dengan air hingga berbentuk pasta kemudian gunakan sebagai pasta gigi.
  1. Daun mimba


Ilustrasi daun mimba ©2017 khasiat.co.id

Daun mimba mengandung azadirahtin yang berfungsi sebagai antibakteri yang tentu saja efektif sebagai cara memutihkan gigi secara alami. Yang perlu Anda lakukan adalah dengan mengekstrak minyak daun mimba kemudian gunakan sebagai pasta gigi.
  1. Kulit jeruk


Ilustrasi kulit jeruk © YouTube

Zat pektin yang terdapat pada kulit jeruk dan juga minyak atsiri berguna untuk memutihkan gigi Anda secara alami. Tidak hanya memutihkan gigi, kulit jeruk juga dapat menjaga kesehatan mulut terutama gigi Anda. Caranya adalah dengan mengeringkan kulit jeruk hingga benar-benar kering di bawah sinar matahari lalu menumbuknya hingga halus. Campurkan dengan air hingga berbentuk pasta kemudian gunakan sebagai pasta gigi
  1. Kulit pisang


Ilustrasi kulit pisang Shutterstock/new photo

Kulit pisang juga dapat digunakan sebagai cara memutihkan gigi kuning secara alami. Caranya mudah saja. Gosok-gosokkan kulit pisang yang sudah bersih pada gigi Anda
  1. Lemon


Ilustrasi lemon © Boldsky

Asam dalam lemon berfungsi sebagai alkali alami agar kadar pH dalam mulut seimbang. Selain lemon juga merupakan antibakteri yang efektif untuk membasmi bakteri penyebab gigi kuning. Peras 1 buah lemon, masukkan dalam segelas air hangat. Gunakan untuk berkumur 3 kali sehari agar bakteri benar-benar hilang. Atau campurkan 1 sdm air perasan lemon dengan sejumput garam hingga berbentuk pasta lalu oleskan pada gigi.
  1. Jeruk nipis


Ilustrasi jeruk nipis ©2014 Merdeka.com/shutterstock/Nataliia Pyzhova

Sama halnya dengan lemon, jeruk nipis juga efektif untuk membasmi bakteri dalam mulut sehingga gigi menjadi putih. Peras 2 buah jeruk nipis, campurkan dengan segelas air hangat lalu gunakan untuk berkumur.
  1. Strawberry


Ilustrasi strawberry ©Shutterstock/Iakiv Pekarskyi

Strawberi mengandung Vitamin C dan asam malat yang berfungsi untuk mengikis noda pada gigi, selain itu strawberi juga bermanfaat untuk mencegah sariawan, gusi berdarah dan membunuh bakteri dalam mulut. Caranya pun juga mudah. Haluskan strawberry, oleskan pada gigi.
  1. Apel


Ilustrasi apel wenderly.com

Serat apel ketika Anda mengunyahnya akan dengan sendirinya membersihkan noda yang membuat gigi Anda menjadi kuning.
  1. Pinang


Ilustrasi pinang ©2017 Merdeka.com

Buah pinang mengandung astringent dan hemostatik dari zat tanin dapat digunakan sebagai cara memutihkan gigi secara alami. Caranya adalah dengan membakar biji buah pinang hingga hangus, tumbuk hingga halus, kemudian oleskan pada gigi.
  1. Susu


Ilustrasi susu © Boldsky

Susu akan menambah asupan kalsium yang berfungsi untuk menjaga kekokohan gigi Anda. Kandungan fosfor dan magnesium pada susu akan membantu sebagai cara memutihkan gigi secara alami. Cukup dengan rutin meminum susu setiap hari.
  1. Dark chocolate


Ilustrasi dark chocolate ©2017 lifehealthbar.com

Dark chocolate atau coklat hitam mengandung suatu zat yang akan melapisi gigi Anda dan memutihkan gigi. Anda hanya perlu mengkonsumsi coklat hitam setiap hari.
  1. Jahe


Ilustrasi jahe ©2012 Merdeka.com/Shutterstock/mama_mia

Ada kandungan antibakteri yang berfungsi memberangus noda tersisa pada gigi Anda. Caranya adalah dengan memarut 1 buah jahe. Kemudian peras airnya. Gunakan air perasan jahe untuk berkumur. Atau parutan jahe oleskan langsung pada gigi
  1. Minyak cengkeh


Ilustrasi minyak cengkeh ©2017 Merdeka.com

Selain mengobati gigi yang sakit, minyak cengkeh juga berguna untuk memutihkan gigi kuning Anda. Cukup dengan mengoleskan minyak cengkeh pada gigi Anda
  1. Minyak kelapa


Ilustrasi minyak kelapa ©2012 Merdeka.com/Shutterstock/Africa Studio

Cara memutihkan gigi secara alami selanjutnya adalah dengan menggunakan minyak kelapa. Campurkan minyak kelapa dengan baking soda hingga berbentuk pasta lalu gunakan sebagai pasta gigi.
  1. Cuka apel


Ilustrasi cuka apel Shutterstock/mama_mia 

Cuka apel juga berfungsi sebagai cara memutihkan gigi secara alami. Campurkan 2 1 sdm cuka apel pada ½ gelas air lalu dengan menggunakan cotton bud oleskan pada gigi.
  1. Arang


Ilustrasi arang ©2014 Merdeka.com/shutterstock.com/Equilibrium Photographers 

Sifat alkali pada arang berfungsi sebagai pengikis noda kuning pada gigi Anda. Memang kelihatannya kotor, namun dengan skala kecil tidak akan berdampak bagi tubuh. Yang Anda perlukan adalah arang batok kelapa yang ditumbuk halus lalu diayak. Campurkan dengan 1 sdm air perasan lemon lalu gunakan sebagai pasta gigi.
  1. Baking soda


Ilustrasi baking soda ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/jordache 

Baking soda merupakan cara memutihkan secara alami dengan cepat. Cukup Oleskan baking soda yang dicampur air perasan lemon pada gigi.
(Merdeka.com)

Related

Gaya Hidup 4460695167762956740

Post a Comment

emo-but-icon

item