Rajin Cuci Tangan Bisa Cegah Kanker Serviks


[Bintang] 4 Alasan Kenapa Kamu Nggak Butuh Sabun Lagi Menurut Pakar

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - Rajin cuci tangan dapat mencegah kanker serviks karena human papilloma virus (HPV) penyebab kanker itu dapat berpindah melalui sentuhan, kata Kepala Bidang Pelayanan Sosial Yayasan Kanker Indonesia (YKI) DKI Jakarta Venita.
"Perlu mewaspadai toilet umum. Kita harus lebih waspada jaga kebersihannya itu, kemudian rajin cuci tangan. Langkah-langkah kebersihan umum sebelum makan, sebelum, dan sesudah buang air kecil juga," katanya di Jakarta, Senin (14/8).

Berdasarkan penelitian, kata dia, penyebaran virus kanker serviks melalui kontak sentuhan kurang dari 10 persen. Akan tetapi, memperhatikan kebersihan merupakan hal penting untuk pencegahan.
Selain rajin cuci tangan, pencegahan yang dapat dilakukan adalah vaksinasi serta deteksi dini setidaknya 3 tahun sekali.

"Minimal 3 tahun sekali, kalau bisa lebih sering, ya, tidak apa-apa. Kelamaan dikhawatirkan lupa, tetapi 3 tahun sekali minimal. Papsmear gratis BPJS jadi tidak ada alasan untuk tidak periksa," ucap Vernita.
Ia juga menyarakankan diet seimbang, banyak mengonsumsi makanan mengandung antioksidan, dan rutin berolahraga guna mencegah terjangkit kanker serviks.

Kanker serviks merupakan satu-satunya kanker yang dapat dicegah melalui vaksinasi HPV sebagai pencegahan primer dan skrining sejak dini sebagai pencegahan sekunder.

Namun, menurut data yang dihimpun dari RS Dr. Cipto Mangunkusumo Jakarta, ditemukan 70 persen penderita kanker serviks datang dengan stadium lanjut (stadium >3b), dengan kelompok umur paling banyak didapatkan rentang usia 35 sampai dengan 55 tahun, sehingga memengaruhi angka harapan hidup pasien tersebut.

Data penderita kanker serviks di RS Dr. Cipto Mangunkusumo (2010 s.d. 2014) dari 105 pasien, hanya 14 persen pasien yg mampu bertahan hidup hingga 1 tahun. Bahkan, dalam 5 tahun, angka harapan hidup (survival rate) adalah 0 persen.

(Liputan6)

Related

Info Unik 4785333551282840606

Post a Comment

emo-but-icon

item