4 Kebiasaan yang Bikin Tubuh Lebih Bertenaga


Ilustrasi semangat

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - Anda masih sering merasa lesu di setiap hari kerja? Jangan dulu berpikir Anda punya penyakit. Rasa lesu, lelah, dan tidak berenergi yang Anda rasakan, mungkin karena Anda memiliki kebiasaan yang salah selama ini.

Dibandingkan hanya bergantung pada secangkir atau dua cangkir kopi, coba lakukan kebiasaan sederhana ini, siapa tahu Anda bisa mengembalikan semangat dan menjadikan tubuh lebih bertenaga.

1. Jangan lupa sarapan
Membuat tubuh tetap bertenaga setiap hari sebenarnya tidak sulit dilakukan, tidak perlu repot-repot mengonsumsi suplemen multivitamin tambahan. Anda hanya perlu memastikan bahwa tubuh mendapatkan sarapan.
Sarapan dengan gizi seimbang bisa membantu tubuh tetap berenergi saat menjalankan aktivitas. Menurut ahli diet Alyssa Cohen, sarapan membantu gula darah Anda tetap stabil. Tahukah Anda bahwa gula darah Anda akan meningkat di pagi hari? Kenapa bisa meningkat di pagi hari? Karena pelepasan hormon kortisol akan meningkat ketika seseorang terbangun dari tidurnya.
Anda bisa mengonsumsi sumber karbohidrat baik saat sarapan untuk membantu gula darah Anda tetap stabil. Anda juga bisa mencoba roti gandum, telur, atau ikan sebagai menu sarapan.
2. Cobalah untuk bersosialisasi
Pekerjaan yang tidak ada habisnya pasti akan membuat energi terkuras. Hal ini terkadang juga membuat Anda lupa untuk bersosialisasi. Padahal, bersosialisasi dengan teman-teman, keluarga, atau orang yang baru dikenal bisa membuat tubuh tetap bertenaga.
Kenapa berbasa-basi dengan orang lain bisa membuat tubuh tetap bertenaga? Karena pada saat berinteraksi dengan orang lain, Anda akan merasa lebih rileks, santai, dan tidak perlu mengkhawatirkan apa pun.
Dari interaksi seperti mengobrol, kita bisa tertawa ataupun melemparkan candaan. Dengan begitu, tubuh merasa segar dan tidak stres sehingga tetap berenergi.
3. Lebih banyak minum air putih
Kedengarannya memang sederhana. Tapi tahukah Anda bahwa dehidrasi juga bisa membuat Anda lesu, lemah, dan tidak berenergi?
Sebuah penelitian di Inggris menemukan bahwa satu dari lima orang tidak tahu berapa banyak air yang seharusnya mereka minum.
Seseorang yang kurang cairan tubuh menurut penelitian ini akan mudah merasa lelah, marah, sulit berkonsentrasi, dan akhirnya sering mengonsumsi makanan yang tidak sehat. Ahli kesehatan biasanya akan menyarankan Anda untuk minum delapan gelas per hari. Usahakan untuk tidak minum soda atau kopi terlalu banyak.
4. Matikan perangkat elektronik saat mau tidur
Menurut National Sleep Foundation, orang dewasa rata-rata membutuhkan waktu tidur tujuh hingga delapan jam setiap malam. Nah, berapa lama Anda tidur setiap malam? Jika jawaban Anda kurang dari itu, Anda harus mencoba untuk mendapatkan waktu tidur yang cukup agar tubuh tetap berenergi.
Hindari menonton TV hingga larut malam meskipun ada acara favorit Anda. Pastikan juga, Anda tidak terus-menerus menatap layar ponsel ketika akan tidur. Agar esok hari Anda merasakan segar dan bertenaga, mulai mematikan TV dan handphone Anda ketika mendekati waktu tidur.
Ingat, Anda masih bisa membuka semua pesan pekerjaan atau gosip yang masuk di handphone Anda pada di pagi hari.

(Kompas.com)

Related

Gaya Hidup 2745356153020347746

Post a Comment

item