Bukan Yoghurt, Bukan Susu, Minuman Ini Manjur Bikin Langsing

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - Seandainya Anda belum tahu, tidak semua bakteri itu buruk. Beberapa bakteri, seperti bakteri probiotik yang ada di yoghurt bisa memperlancar pencernaan dan bikin langsing, sampai mengusir jerawat.

Walaupun yoghurt selama ini dianggap sebagai jagoan supernya probiotik, sekarang ada jagoan probiotik baru--lebih tepatnya baru dikenal kembali--yang harus Anda tahu.

Berkenalanlah dengan kefir, serupa yoghurt dengan kekuatan dan bakteri probiotik yang lebih dahsyat.

Apa itu kefir?
Seperti yogurt, makanan ini dipenuhi bakteri probiotik baik. Tapi tidak seperti yogurt, kefir tidak dibuat dengan cara dipanaskan. Alih-alih, Anda bisa mengubah susu apapun menjadi kefir (susu dari hewan maupun kacang-kacangan). Anda bahkan bisa mengubah air jadi kefir dengan menggunakan biji kefir.
Biji kefir sebenarnya bukanlah biji-bijian, tapi lebih menyerupai gumpalan serupa keju yang dibuat dari bakteri dan jamur yang memfermentasi kefir. Walaupun terdengar menjijikkan, tapi sebenarnya tidak sama sekali.
Hasil akhir kefir adalah cairan lembut dengan konsistensi yang sempurna untuk dicampurkan ke dalam smoothies, atau krim kue Anda. Kefir juga bisa langsung diminum. Tergantung pada biji kefir apa yang Anda gunakan, rasanya bisa bervariasi. Mulai dari sangat ringan sampai sangat getir.
Apa saja nutrisi di dalamnya?
Pertama-tama, kefir adalah minum dengan kandungan kalsium yang tinggi. Hal ini terutama bagus bagi mereka yang intoleransi laktosa. Di dalam studi yang diterbitkan dalam Journal of the American Dietetic Association, para peneliti menemukan orang-orang dengan intoleransi laktosa tidak memiliki reaksi buruk setelah meminum kefir.
Satu gelas kefir bisa memberi Anda 20 persen dari kebutuhan kalsium harian, dengan hanya 90 kalori. Hal ini berbeda dengan yogurt yang mengandung 150 kalori. Secara kandungan protein, kefir juga lebih baik - satu gelas kefir mengandung 6 gr protein.
Karena kandungan kalorinya yang lebih rendah, kefir lebih ampuh membuat Anda langsing dibandingkan dengan yoghurt.

(Liputan6)

Related

Info Unik 7329374928411542427

Post a Comment

emo-but-icon

item