Hari Guru Nasional, Bupati Suwirta Ingatkan Pendidikan Karakter Siswa

Srinadi 99,7 FM | Radio  - Perayaan HUT PGRI ke-72 dan Hari Guru Nasional tahun 2017 di Kabupaten Klungkung dipusatkan di  Aula SMAN 2 Semarapura. Peringatan dihadiri oleh Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta dan ratusan guru di Kabupaten Klungkung, Sabtu (25/11).

Pada kesempatan itu Bupati Suwirta mengingatkan agar sekolah lebih mengedepankan pedidikan karakter siswa,  dimana menurutnya modal utama dalam pembangunan ialah SDM yang mempunyai karakter dan mempunyai jati diri. Karena itu, peran guru sangat penting dalam membentuk karakter siswa. “Seorang guru harus bisa membentuk karakter siswa sehingga siswa-siswa mempunyai karakter yang kuat, disiplin,” kata Bupati Suwirta.

Selain menyinggung pendidikan karakter, Bupati Suwirta juga menyampaikan selama pelaksanaan bedah desa yang telah dilakukannya masih banyak ditemukan anak usia sekolah yang tidak mau sekolah. Menurutnya, fenomena ini menjadi tantangan kita semua, oleh karenanya Bupati Suwirta meminta kepada PGRI untuk ikut serta melakukan aksi sosial untuk mengatasi tantangan tersebut, memberikan motivasi kepada anak-anak usia sekolah agar mau sekolah. “Guru jangan hanya melakukan rutinitas mengajar,tapi bagaimana memotivasi siswa agar siswa bisa meningkatkan prestasinya,” Imbuh Bupati Suwirta.

Ketua PGRI klungkung, Dewa Gde Darmawan menambahkan, guru agar lebih menyadari tugasnya sebagai agen perubahan. Karena itu pentingnya para guru meningkatkan profesionalisme. Diharapkan para guru mampu melahirkan SDM berkualitas, unggul dan adiluhung. “Guru juga harus siap berkompetisi untuk peningkatan kualitas baik diri, sekolah maupun siswa,” ujar Dewa Gde Darmawan.

Perayaan HUT PGRI ke-72 dan Hari Guru Nasional tahun 2017 juga diisi penyerahan penghargaan kepada 21 guru berprestasi di tingkat Kabupaten, Provinsi maupun Nasional. 

(hmsklk/open)

Related

Warta Semarapura 881218075557642259

Post a Comment

emo-but-icon

item