10 Makanan enak ini ternyata bisa sembuhkan flu lebih cepat



Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - Musim hujan sudah menyambangi sebagian besar daerah di Indonesia. Disertai dengan cuaca ekstrem yang melanda selama beberapa hari belakangan. Cuaca seperti ini tentunya bisa berdampak negatif bagi kesehatan kita. Dan salah satu penyakit yang paling sering menyerang adalah flu.

Cara terbaik untuk mengusir flu adalah melalui makanan. Pasalnya nutrisi yang baik bisa membantu untuk menguatkan kekebalan tubuh yang sedang lemah. Sayuran hijau, kunyit, bawang putih, ayam, buah-buahan, dan bahan makanan yang mengandung probiotik merupakan beberapa obat alami untuk flu.
Sekadar inspirasi, berikut ini kami tampilkan beberapa menu masakan dengan kandungan nutrisi yang baik untuk penderita flu.
Limun jahe
Ilustrasi limun jahe Epicurious

Ginger lemonade atau limun jahe merupakan sumber vitamin C yang baik untuk memperbaiki kekebalan tubuh saat flu. Jahe di dalamnya dapat membantu menghangatkan tubuh serta melegakan tenggorokan. Tambahkan beberapa sendok madu untuk membunuh virus dan meredakan batuk yang kadang menyertai flu.
Konsumsi limun jahe selagi masih hangat, sebab khasiatnya lebih kuat daripada limun dingin. Kamu pasti sudah pernah mendengar khasiat beragam air lemon hangat, kan?
Soto ayam
Ilustrasi soto ayam The New York Times
Tak ada salahnya meniru kebiasaan barat menyantap sup ayam saat flu. Pasalnya ayam memang kaya akan vitamin B6, vitamin B12, dan seng yang penting untuk memperbaiki sistem kekebalan tubuh.
"Makanan cair yang masih panas seperti sup bisa meningkatkan suhu tubuh, mempermudah sekresi mukus," tutur Alissa Rumsey, ahli gizi dari Academy of Nutrition and Dietetics. "Selain itu, saat Anda memasak ayam, ayam akan mengeluarkan asam amino cysteine yang menyerupai obat untuk bronkitis."
Coba sediakan sup ayam asli Indonesia alias soto ayam yang bahkan jauh lebih berkhasiat. Soto ayam kuning dibumbui dengan kunyit yang kaya curcumin. Ini merupakan kandungan istimewa yang memiliki khasiat untuk membunuh virus.
Wedang teh apel
Ilustrasi wedang teh apel Columbia County Magazine

Menurut hasil riset yang dilakukan oleh para peneliti dari Cardiff University, minuman panas bisa meredakan bersin, sakit tenggorokan, meriang, dan rasa lelah saat flu.

Coba sediakan wedang teh hijau atau teh hitam disertai irisan apel. Teh hijau dan teh hitam merupakan sumber antioksidan L-theanine yang bisa memperbaiki sistem kekebalan tubuh.
Apel akan memberikan suntikan vitamin C dan aroma harum yang menenangkan. Tambahkan sedikit cengkih atau kayu manis untuk memperkuat efek menghangatkan tubuh.
Sambal bawang
Ilustrasi sambal bawang YouTube/Resep Masakan Nusantara

Bagi beberapa orang, nafsu makan yang hilang saat flu hanya bisa dikembalikan dengan makanan pedas. Tak ada salahnya menyantap sambal bawang sebagai pelengkap nasi dan lauk. Pasalnya bawang putih kaya akan allicin yang memiliki khasiat anti-mikroba dan anti-bakteri. Menurut beberapa penelitian, bawang putih bisa memperpendek periode demam saat flu.

"Bawang putih juga baik untuk perkembangbiakan bakteri sehat yang akan membantu membersihkan racun, bakteri, dan virus di dalam tubuh," tutur ahli gizi New York, Anita Mirchandani.
Sementara capsaicin di dalam cabai akan membantu melegakan tenggorokan dan hidung mampet dengan mengikis mukus.
Apel panggang
Ilustrasi baked apple Simply Recipes

Apel utuh yang dipanggang merupakan cemilan pas saat nafsu makan hilang. Rasanya yang manis dengan tambahan gula dan mentega di bagian tengah akan membuat kita bisa menyantapnya dengan mudah.

Apel bisa menjadi sumber vitamin C yang baik untuk memperbaiki kekebalan tubuh. Santap bersama cairan yang dihasilkan saat proses pemanggangan untuk mengembalikan cairan tubuh yang hilang. Silakan membuat hidangan simpel ini lewat resep yang sudah kami tampilkan di sini. Apel bisa diganti dengan buah pir. 
Jeli mangga
Ilustrasi jeli mangga Foodybuddy.net

Selain jeruk dan lemon, mangga bisa menjadi sumber vitamin C yang diperlukan tubuh saat flu. Olah mangga matang yang sudah dilumatkan menjadi jeli. Cukup dicampurkan dengan gelatin atau bubuk konnyaku tawar dan sedikit air, kemudian rebus dan dinginkan.

Tak perlu ditambahkan gula, sebab konsumsi gula terlalu banyak saat flu bisa menebalkan dinding mukus.
Sayur asam komplet
Ilustrasi sayur asam Khasiat.co.id

Sayuran hijau merupakan sumber vitamin C dan mineral yang paling dibutuhkan tubuh saat sedang sakit. Masukkan kacang panjang, kangkung, dan daun melinjo ke dalam sayur asam untuk mendapatkan nutrisi lengkap dari sayuran hijau. Bisa juga ditambahkan labu siam yang kandungan potasium di dalamnya bisa mengembalikan stamina.

Sementara kuah sayur asam yang hangat akan mengembalikan cairan tubuh dan meringankan hidung mampet. Asam juga bisa membantu memperbaiki sistem kekebalan tubuh.
Sweet potato french fries
Ilustrasi sweet potato fries iStockphoto

Ubi kuning merupakan sumber vitamin A yang penting untuk menjaga kesehatan membran mukus. Dengan begitu infeksi virus penyebab flu bisa ditangkal.

Jika bosan dengan ubi rebus, olah ubi kuning menjadi french fries. Ganti proses penggorengan dengan pemanggangan. Tak hanya lebih rendah kalori, mengurangi asupan minyak dengan menghindari gorengan juga lebih baik untuk kesehatan membran mukus.
Yogurt buah
Ilustrasi yogurt Shutterstock.com

Makanan yang mengandung probiotik sangat baik untuk membersihkan toksin dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Menurut hasil penelitian yang dipublikasikan di Journal of Nutrition, konsumsi yogurt bisa memperpendek periode flu menjadi dua hari lebih cepat dan meringankan gejala-gejalanya hingga 34 persen. Karena itu yogurt bisa menjadi salah satu cemilan yang layak dikonsumsi saat terserang flu.

Tambahkan topping buah-buahan segar yang kaya vitamin seperti beri-berian, jeruk, nanas, apel, atau anggur. Pilih yogurt biasa atau Greek yoghurt yang tidak ditambahkan gula atau perasa buatan.
Tumis kembang kol
Ilustrasi tumis kembang kol 2016 Merdeka.com/Tantri Setyorini

Saudara brokoli yang berwarna pucat ini mungkin tidak memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Namun kembang kol merupakan sumber glutathione, antioksidan kuat yang bisa membantu tubuh melawan flu.

Olah kembang kol dengan bawang putih untuk memperkuat khasiatnya. Gunakan minyak sedikit saja untuk menumis.
Itulah beberapa inspirasi masakan dengan bahan-bahan kaya nutrisi yang baik untuk melawan virus flu. Kamu juga bisa mengolah bahan-bahan makanan yang disebutkan di atas menjadi masakan lain. Pastikan untuk mengurangi gula dan minyak saat pemasakan.
(Merdeka.com)

Related

Info Unik 4706073576246082537

Post a Comment

emo-but-icon

item