Jumlah Uang Tidak Layak Edar di Bali Menurun


www.nusabali.com-jumlah-uang-tidak-layak-edar-di-bali-menurun

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali -Untuk  triwulan III 2017, jumlah UTLE yang diterima Bank Indonesia sebanyak 107 ribu lembar, dengan nilai nominal Rp 77 miliar. Mengalami penurunan 13,1 persen dari triwulan sebelumnya. Dibanding tahun sebelumnya juga mengalami penurunan 36,7 persen. Ratio UTLE terhadap inflow di Bali juga menunjukkan tren penurunan.

“Penurunan jumlah uang tak layak edar, sejalan dengan upaya Bank Indonesia dengan perbankan di Bali untuk terus meningkatkan ketersediaan uang layak edar,” ujar Kepala Divisi Advisory dan Pengembangan Ekonomi Bank Indonesia Provinsi Bali Azka Subhan Aminuririndho, seizin Kepala Perwakilan BI Provinsi Bali Causa Iman Karana, Minggu (17/12)..

Dikatakan Azka Subhan A, ketersediaan uang layak edar tersebut dengan soil level yang terjaga dengan baik melalui pelaksanaan kegiatan kas keliling di pusat-pusat keramaian. Baik bersama pihak perbankan lainnya, maupun oleh BI secara sendiri “Tentu saja dengan sosialisasi juga kepada masyarakat untuk memperlakukan uang rupiah dengan baik,” lanjutnya.

Kebijakan-kebijakan  itulah dikatakannya, dapat meningkatkan ketersediaan uang layak edar di masyarakat. Dikatakan, salah satu tugas BI adalah  menjaga kualitas uang kartal di masyarakat, selain pengelolaan uang  masuk (inflow) dan uang keluar (outflow) di Bank Indonesia.

Sebelumnya dari Kajian Ekonomi dan Keuangan Regional (KEKR) Bank Indonesia, ratio UTLE terhadap inflow menunjukkan tren penurunan. Pada triwulan I  2017 ratio UTLE terhadap inflow  sebesar 2,7 persen. Kemudian pada triwulan II turun  menjadi 2,3 persen. Kemudian pada triwulan IV laporan sementara mencapai 1,6 persen. Dibanding dengan periode sama tahun 2016  mengalami penurunan  2,3 persen. “Ini menunjukkan semakin membaiknya kualitas fisik uang di masyarakat,” terang Azka Subhan. Sementara teradap UTLE telah dilakukan pemusnahkan oleh BI.

(NusaBali)

Related

Berita Ekonomi 150157370066884833

Post a Comment

emo-but-icon

item