Menko Maritim Keluarkan Surat: Tegaskan Bali Normal dan Bandara Ngurah Rai Aman


Menko Maritim Keluarkan Surat: Tegaskan Bali Normal dan Bandara Ngurah Rai Aman

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - Pemerintah dengan detail dan seksama terus memantau perkembangan aktivitas vulkanik Gunung Agung.
Hasilnya, kepariwisataan di Bali dinyatakan aman dan boleh dikunjungi wisatawan.
Destinasi Bali dikatakan normal, kecuali pada radius 10 km dari pusat erupsi Gunung Agung yang masih Awas atau level IV.
Penegasan melalui surat itu mengakhiri kesimpangsiuran soal status Bali.
Sebab hanya 2 persen  di seputar gunung saja yang masih level IV. Sehingga Pulau Bali aman. 

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman Republik Indonesia, Agus Purwoto, dalam surat yang dialamatkan ke Kementerian Pariwisata pada Rabu (20/12/2017). 

Sesmenkomar Agus, menyebutkan bahwa surat itu, berdasarkan rapat pembahasan mengenai status Gunung Agung pada 15 Desember lalu di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman.

Rapat itu lengkap dihadiri semua stakeholder, terkait Gunung Agung

"Untuk daerah di Bali lainnya dinyatakan normal," kata Agus Purwoto.

Hal itu merujuk pada paparan vulkanologis dalam rapat koordinasindi Kemenkomar itu.
Kemudian juga diperkuat dengan analisa dari BMKG. 

"Sehingga disimpulkan bahwa Bandara Ngurah Rai akan aman," ujarnya.

Hal itu juga diperkuat dengan analisa dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG). 

Kendati demikian, Pemerintah Daerah Provinsi Bali beserta seluruh aparat keamanan diimbau untuk mengambil langkah tindak dan tanggap cepat bila keadaan berubah. 

Dalam rapat tersebut, selain Menko Bidang Kemaritiman, turut hadir Menteri ESDM Ignatius Jonan yang membawahi langsung badan vulkanologi, Kepala BMKG, Menteri Perhubungan, Polda Bali, Pangdam IX/Udayana dan sejumlah pejabat daerah Provinsi Bali

"Untuk kepariwisataan di Bali dinyatakan aman kecuali pada radius awas Gunung Agung," ujar Agus. 

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan pemerintah selalu memperhatikan secara detail perkembangan Gunung Agung.

Hal ini guna memberi rasa aman dan nyaman bagi kehidupan pariwisata di Bali.

"Di tengah keamanan ini, sudah saatnya industri dan seluruh stakeholder untuk dapat bersama-sama melakukan recovery Bali," ujar Menpar Arief Yahya

Bagi wisatawan mancanegara, sejatinya bukan pada status gunung yang membuat khawatir, tetapi penutupan bandara yang membuat mereka repot mencari escape dari Pulau Dewata. 

“Ya, kami sudah merapatkan dengan Pemda dan Pelaku usaha pariwisata di Bali selama dua hari berturut-turut, 18-19 Desember 2017. Hasilnya, kami sepakat akan mengantarkan wisman sampai ke bandara internasional terdekat. Bisa Lombok, Banyuwangi atau Surabaya,” kata Arief Yahya

Karena itu, Menpar Arief mengajak industri yang bergerak di sektor 3A, Amenitas (Akomodasi), Atraksi dan Akses untuk bergotong royong membuat paket bersama.

Paket Hot Deals namanya, menggabungkan 3A itu, dengan menggunakan excess capacity, dan dijual lebih murah. 

Program ini secepatnya harus dijalankan, untuk recovery Bali, dan dipromosikan besar-besaran, hingga Maret 2017.

Agar liburan Imlek 2018 bisa dihandle dengan optimal. 

Menteri Pariwisata Arief Yahya sudah melontarkan hal itu dalam rapat Paket Hot Deals dan usulan Recovery Bali di kantor Badan Promosi Pariwisata Daerah.

Rapat ini dihadiri Bali Tourism Hospitality dan perwakilan asosiasi pariwisata seperti PHRI, GIPI, ASITA, dan HPI. 

Di dalam rapat, Menpar kembali menekankan urgensi Hot Deals untuk meningkatkan kunjungan wisman ke Bali.

Penekanan Hot Deals dengan strategi More for Less (You Get More, You Pay Less) untuk bundling paket dengan harga promo secara gotonh royong. 

“The more you give, the more you get itu ilmu dasar marketing,” tegas Menpar Arief Yahya sambil memberikan contoh bisnis bidang telekomunikasi.

Dari hasil rapat, Menpar Arief Yahya mengeluarkan putusan antara lain, Rencana Mitigasi harus dimatangkan, pelaku wisata Balibersepakat mendukung program Hot Deals dan komitmen program ini Rp 100 miliar untuk program Hot Deals dari Kemenpar.

"Fokus kita saat ini evaluasi pasca erupsi Gunung Agung yang terjadi pada akhir November sekaligus persiapan recovery untuk memulihkan Pariwisata Bali yang terdampak," ungkap Menpar Arief Yahya

Hasil rapat ini akan dijadikan masukan untuk Presiden Joko Widodo.

Presiden akan melakukan rapat terbatas membahas mengenai Dampak Letupan Gunung Agung yang rencananya akan dihelat pada tanggal 22 Desember mendatang di Bali
(TribunNews)

Related

Seputar Bali 224611700786151593

Post a Comment

emo-but-icon

item