10 Bahaya kesehatan ini akan mengintai mereka yang punya tubuh terlalu gemuk



Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - Kegemukan hingga obesitas nampaknya menjadi wabah kesehatan yang patut diwaspadai saat ini. Sebab, beragam faktor penyebab kegemukan seperti pola hidup tak sehat, stres, konsumsi makanan olahan, dan tidak adanya waktu berolahraga mengintai kehidupan masyarakat saat ini.

Untuk membuatmu berhati-hati dengan kegemukan, maka kamu perlu memahami bahaya kesehatan yang bisa ditimbulkan akibat punya tubuh terlalu gemuk. Apa saja? Dilansir dari boldsky.com, ini dia daftarnya.
Sembelit
Biasanya sembelit disebabkan karena kotoran yang mengeras akibat kurangnya konsumsi makanan berserat. Nah, sembelit pun bisa terjadi karena obesitas yang menjadikan kotoran mengeras karena lemak tubuh berlebih.

Menurunnya ingatan
Menurunnya ingatan ini terjadi karena kelebihan lemak di tubuh yang membuat kolesterol meningkat. Tingkat kolesterol yang tinggi juga membuatmu berisiko terkena demensia dan Alzheimer.

Batu empedu
Batu empedu merupakan hasil dari lemak dan kolesterol yang mengeras di empedu. Salah satu penyebab utama batu empedu adalah obesitas yang menjadikan kandungan lemak dan kolesterol berlebih dalam tubuh.

Migrain
Kegemukan juga bisa membuat orang sering sakit kepala dan migrain. Sejumlah penelitian menemukan bahwa kandungan lemak berlebih dalam tubuh akan mencegah aliran darah beroksigen ke kepala sehingga membuatmu mudah mengalami migrain.

Risiko bayi lahir prematur
Kegemukan akan meningkatkan kemungkinan infertilitas pada wanita akibat ketidakseimbangan hormon. Selain itu, wanita yang gemuk lebih berisiko melahirkan bayi prematur karena kelebihan lemak yang juga menyebabkan ketidakseimbangan hormon.

Osteoarthritis
Osteoarthritis merupakan kondisi dimana tulang rawan lutut, pergelangan kaki, atau siku mengeras dan menjadikan setiap gerakan terasa sakit. Kelebihan lemak dalam tubuh menjadi salah satu penyebabnya.

Kanker prostat
Kanker prostat merupakan jenis kanker yang paling umum menyerang pria. Kelebihan lemak dalam tubuh akan membuat kelenjar prostat membesar dan memicu perkembangan sel kanker di daerah tersebut.

Kanker uterus
Kanker uterus yang terjadi pada wanita juga disebabkan karena obesitas yang membuat rahim membesar karena adanya kelebihan lemak.

Gangguan endokrin
Kelenjar endokrin berguna untuk menghasilkan berbagai hormon fungsional ke dalam darah. Kelebihan lemak bisa mencegah produksi hormon endokrin yang sehat dan menyebabkan gangguan.

Infeksi jamur
Banyak penelitian yang menemukan bahwa orang yang kelebihan berat badan lebih berisiko terkena infeksi jamur karena kelebihan lemak. Dengan banyaknya lemak, maka keringat yang dihasilkan juga bertambah dan menyebabkan infeksi jamur di berbagai bagian tubuh. 

(Merdeka.com)

Related

Gaya Hidup 8738427336403264785

Post a Comment

emo-but-icon

item