Bupati Suwirta Pompa Semangat Para Yowana

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali   Seorang Yowana Gema Santi harus memiliki kemampuan bicara yang dapat memotivasi,menggugah perasaan dan pola pikir seseorang yang menjadi targetnya. Seorang Yowana juga harus mampu memberikan solusi dari atas setiap permasalahan yang dihadapi sehingga mau berusaha bangkit untuk mengatasi masalah sosial ekonomi yang dihadapinya. Demikian disampaikan Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta saat memompa semangat sekaligus mengisi meteri Pelatihan Pembekalan Yowana Gema Santi kepada 54 orang Yowana Gema Santi Selasa (9/1) di SKB Banjarangkan.
Bupati Suwirta mengakui tugas para yowana dilapangan nantinya akan cukup berat. Untuk itu dirinya tidak akan memasang target di awal penugasan para pendamping desa ini. Bupati Suwirta juga meminta untuk tidak merasa khawatir saat menemui kendala dilapangan karena dirinya akan selalu siap membantu jika dibutuhkan atau sekedar konsultasi. “Saya tahu tugas ini berat, namun jika kita mampu membantu merubah kehidupan sesorang kearah yang lebih baik, maka rasa bahagia dan kepuasan akan kita rasakan seperti yang telah saya lakukan saat melaksakan program bedah desa,” ujar bupati suwirta.
Dalam melaksanakan tugas nanti, Bupati Suwirta juga meminta para Yowana untuk senantiasa menjalin komunikasi yang baik dengan para arat desa utamanya perbekel. Selaku pendamping desa yang bertugas melakukan identivikasi, verivikasi dan validasi data warga akan sangat dibutuhkan kerja sama semua pihak didesa.    
Sementara itu kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Pengendalian Penduduk dan KB Kabupaten Klungkung Wayan Suteja dalam laporannya mengatakan kegiatan Pelatihan Pembekalan Yowana Gema Santi ini diikuti oleh  59 orang Yowana Gema Santi yang telah lulus seleksi. Dilaksanakan di SKB Banjarangkan, pelatihan ini dilaksanakan mulai dari tanggal 8 Januari sampai dengan 10 Januari  2018. Para Instruktur/Pengajar mulai dari Bupati Klungkung, OPD hingga para Tenaga Ahli Pemberdayaan Kabupaten Klungkung.
Materi yang diberikan diantaranya  Pelatihan menjadi Motivator, Pelaksanaan Pembangunan Desa, Perkembangan dan Permasalahan Penduduk Miskin di Kabupaten Klungkung, Perkembangan dan Permasalahan Pendididkan di Kabupaten Klungkung, Pengelolaan Keuangan Desa, Usia Harapan Hidup dan Permasalahannya  di Kabupaten Klungkung, Penyelenggaraan Pemerintahan Desa, Perkembangan dan Permasalahan Tenaga Kerja di Kabupaten Klungkung hingga Metode dan Teknik Pendampingan Desa
Kadis Wayan Suteja berharap dengan pelatihan ini pengetahuan dan wawasan para Yowana Gema Santi akan meningkat yang nantinya akan berguna dalam melaksanakan tugas pendampingan guna mendukung upaya pemberdayaan masyarakat dan peningkatan pelayanan dasar masyarakat desa.
Seperti yang diberitakan sebelumnya, Yowana Gema Santi merupakan program inovatif pendamping desa yang dicetuskan Bupati Nyoman Suwirta. Para pendamping desa yang berjumlah 59 ini nantinya disebar dimasing masing desa yang ada di seluruh kabupaten klungkung. Yowana Gema Santi merupakan pionir/pelopor di masing-masing desa yang bertugas untuk mendata ke lapangan dan membedah di mana ada orang miskin, kenapa ada orang miskin dan bagaimana cara memberdayakan untuk mau bekerja.
Para Yowana Gema Santi juga dibekali dengan ilmu enterpreneur dan motivasi sehingga diharapkan akan mampu menggugah dan membangkitkan semangat warga miskin unntuk bangkit dari keterpurukan.

Related

Warta Semarapura 8928464720617633458

Post a Comment

item