Jenis Baru, Pisang Manis yang Bisa Dimakan dengan Kulitnya

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali      Kamu suka makan pisang? Buah yang kaya akan kandungan vitamin itu dikenal sangat mengenyangkan dan cocok dikonsumsi saat diet. Tentu saja orang-orang akan memakan buah pisang dengan mengupas kulitnya terlebih dahulu, lalu memakan bagian buahnya. Tetapi pisang buatan pertani di Jepang ini, memungkinkan kamu untuk memakan utuh buah pisang beserta dengan kulit-kulitnya. Mereka memberi nama pisang itu dengan sebutan 'Mongee Banana'. Para petani di Okayama Jepang bersama dengan para ilmuan D&T Farm, mengembangkan metode inovatif bernama 'Freeze Thaw Awakening' yang membuat buah-buahan tumbuh dalam kondisi yang ekstrem seperti pada zaman es pada 20 ribu tahun yang lalu. 
Mereka membekukan buah pisang dalam suhu minus 60 derajat celcius dan kemudian menanam buah itu kembali sekalian menunggu bibit buah mencair. Mereka percaya bahwa dengan metode ini dapat mengaktifkan sel DNA purba pada tanaman buah. Jika sel itu sudah teraktivasi, maka pohon pisang akan bisa tumbuh di kondisi cuaca bersalju yang ekstrim. Sekaligus bisa tumbuh dengan perkembangan yang cepat dari pohon biasanya. Umumnya akan membutuhkan dua tahun bagi pohon pisang untuk tumbuh di daerah wilayah yang tropis. Namun, melalui metode ini pisang mongee bisa tumbuh hanya dalam waktu empat bulan saja. Diketahui bahwa buah pisang hasil buatan D&T Farm memiliki banyak keunggulan dibanding buah-buahan lainnya. Buah pisang mongee dianggap lebih manis daripada pisang-pisang lainnya. Buah pisang biasa akan lebih sering dikonsumsi, sebelum bintik-bintik coklat muncul pada kulit buah. Akan tetapi, pisang mongee justru harus dimakan setelah benar-benar matang dan muncul bintik-bintik coklat pada kulit mereka. Kulit buah pisang mongee lebih tipis dari buah pisang lazimnya. Sebenarnya, kulit buah itu jauh lebih pahit daripada buah pisangnya sendiri. Oleh karena itu, kamu harus memakannya bersama dengan bagian buahnya. Kalau pahit, kenapa kulitnya harus dimakan? Karena manfaat kesehatannya. 
 D&T Farm mengklaim bahwa memakan kulit sekalian dengan daging buah pisang mongee, dapat memberikan manfaat kesehatan. Kandungan dalam kulit pisang mongee memiliki vitamin B6 dan magnesium yang tinggi. Buah pisang mongee juga dianggap sebagi produk yang bagus karena mereka tak memerlukan pestisida. Dengan iklim Jepang yang dingin, buah pisang mongee bisa tumbuh tanpa adanya predator. Sebelumnya, pihak D&T farm telah mengeluarkan produk pisang mongee mereka pada November tahun lalu. Sayangnya, mereka hanya bisa memproduksi pisang itu dalam jumlah yang sedikit yakni 10 buah pisang setiap minggu. Harga yang ditawarkan untuk satu buah pisang yakni sekitar 648 yen atau setara dengan 77 ribu rupiah. Penjualan pisang ini juga masih terbatas, mereka hanya menempatkan pisang mongee di toko buah lokal yakni, Tenmanya Okayama. 



 sumber : liputan6.com

Related

Info Unik 7233110534403186552

Post a Comment

item