Pudarkan flek hingga kencangkan kulit, ini 7 khasiat kecantikan dalam minyak alpukat



Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - Minyak alpukat atau avocado oil untuk perawatan kecantikan? Jangan meremehkan kandungan nutrisi di dalam minyak olahan daging buah alpukat ini. 

Dilansir Livestrong,
Menurut jurnal dalam American Oil Chemists' Society, minyak alpukat mengandung banyak pelembap yang mudah meresap ke dalam kulit dan memiliki kemampuan untuk melindungi kulit.
Apa saja manfaatnya selain melembapkan? Berikut ini kami tampilkan beberapa di antaranya.
Ilustrasi minyak alpukat iStock

Melindungi kulit dari kerusakan

Minyak alpukat mengandung antioksidan dan memiliki sifat anti-inflamasi. Keduanya berfungsi untuk menjaga kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Pemakaian minyak ini secara teratur akan menjadikan kulit bebas kekeringan dan lebih elastis.
Membantu penyembuhan luka
Menurut sebuah penelitian yang dilakukan pda tahun 2013, asam linoleat, asam oleat, dan beberapa jenis asam lemak tak jenuh yang terkandung di dalam minyak alpukat bisa membantu percepatan penyembuhan luka.
Merangsang produksi kolagen
Menurut jurnal ilmiah yang dipublikasikan di dalam Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine, penggunaan minyak alpukat pada kulit bisa merangsang produksi dan sintesis kolagen. Pasalnya minyak alpukat mengandung sterolin. Dengan begitu, kulit akan terjaga kekenyalannya.
Menenangkan kulit yang iritasi dan terbakar sinar matahari
Menurut jurnal dalam Pharmacognosy Research, minyak alpukat kaya akan kandungan vitamin C, vitamin E, flavonoid, dan asam fenolik. Semuanya berfungsi sebagai antioksidan yang dapat melindungi kulit dari pengaruh buruk sinar ultra violet. Sifat anti-inflamasi minyak alpukat juga bisa mendinginkan kulit. Cocok digunakan untuk merawat kulit yang memerah karena terbakar sinar matahari.
Menutrisi dan menyehatkan kulit hingga ke dalam
Menurut Shrankhla Holecek, pendiri perusahaan produsen minyak organik Uma kepada Refinery29, minyak alpukat merupakan sumber lecithin yang baik. Lecithin merupakan sejenis lipid yang membantu penyerapan nutrisi hingga ke aliran darah dan lapisan terdalam kulit.
Membantu pemudaran flek penuaan
Menurut Holecek, sterolin yang terkandung di dalam minyak alpukat juga cukup efektif untuk melembutkan kulit dan menyamarkan flek akibat penuaan.
Merawat kulit yang menderita psoriasis
Beberapa bukti ilmiah menunjukkan bahwa minyak alpukat dapat membantu mengobati psoriasis plak. Ini adalah penykit kulit berupa bercak merah dan bersisik yang disebabkan oleh kondisi autoimun kronis.
Sebuah penelitian di tahun 2001 menemukan bahwa minyak alpukat yang dicampur dengan krim vitamin B12 dapat mengurangi gejala psoriasis untuk jangka waktu yang lebih lama daripada terapi vitamin D3.
Itulah beberapa khasiat menakjubkan minyak alpukat bagi kecantikan kulit. Minyak ini sangat cocok untuk kamu yang memiliki kulit kering dan sering bermasalah.
(Merdeka.com)

Related

Gaya Hidup 2001278736284897312

Post a Comment

item