Gapoktan Sawo Kabeh Harus Lebih Berinovasi dalam Meningkatan SHU

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Sawo Kabeh Subak Dawan Klod menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) tutup buku periode 31 desember  2017. Dalam RAT tersebut di hadiri langsung Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta didampingi ketua Gapoktan Sawo Kabeh I Wayan Sumerta serta seluruh anggota Gapoktan dan disaksikan oleh tim teknis PUAP, PMT, PPL dan Perbekel. Kegiatan RAT dipusatkan di Balai Subak Dawan Klod, Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung, Minggu (10/2/2018).
Wakil Bupati Klungkung dalam arahannya menyampaikan bahwa peningkatan SHU adalah bukti dari keberasilan Gapoktan untuk meningkatan kesejahterahaan pengurus , anggota dan memajukan usahanya. Kedepan Gapoktan harus lebih berinovasi dalam meningkatakan SHU diantaranya dengan memanfaatkan potensi-potensi yang ada di sekitar Subak Dawan Klod. “contoh,  nanti  jalur tracking selesai dikerjakan kelompok tani bisa berjualan dan mengembangkan usaha baru di sektor pengolahan serta pemasaran hasil pertanian untuk meningkatkan SHU,’’ Ujar Wagub Kasta.
Ketua Gapoktan Sawo Kabeh I Wayan Sumerta dalam laporannya menjelaskan kegiatan ini terlaksana sesuai dengan Anggaran Dasar / Anggaran Rumah Tangga Gapoktan, dimana pengurus wajib untuk menyusun laporan secara tertulis sebagai pertanggung jawaban kepada anggota mengenai jalannya usaha Gapoktan selama satu tahun berjalan, yang berpedoman pada landasan, azas, tujuan serta prinsip-prinsip Gapoktan.  Gapoktan Sawo Kabeh di dukung oleh dua kelompok tani yaitu: Poktan Sawo Muda dan Poktan Sawo Matang dengan jumlah anggota keseluruhan sebanyak 93 orang. Dalam RAT kali ini, Pendapatan SHU tahun 2017 meningkat melampaui target rencana kerja tahun lalu yakni peningkatannya mencapai 51,73% dengan total SHU Rp. 14.472.550. Jenis kegiatan usaha yang sudah berjalan dalam peningkatan SHU adalah menggulirkan pinjaman modal usaha kepada anggota dengan bunga yang sudah di sepakati.

Related

Warta Semarapura 6435396896448905776

Post a Comment

item