Arab Saudi Gelar Maraton Pertama Kalinya untuk Wanita

image_title

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali   Arab Saudi untuk pertama kalinya menjadi tuan rumah balap lari untuk wanita di Timur Tengah. Hal ini, merupakan tindak lanjut dari rencana kerajaan secara perlahan memperluas hak wanita di negara tersebut. 
Dilansir dari Foxnews, Selasa 6 Maret 2018, lebih dari 1.500 wanita ambil bagian dalam maraton sejauh dua mil ini. Mereka berasal dari kalangan profesional, amatir, orangtua, dan para remaja. 
Dalam maraton yang digelar di Al-Ahsa ini, Mizna Al-NAssar (28) memenangkan balap lari itu dengan catatan waktu 15 menit. Dia pun pada 2020 mendatang, akan bertanding di Olimpiade Tokyo, Jepang, mewakili Arab Saudi. 
Seperti diketahui, keleluasaan wanita Arab, untuk beraktivitas dimulai pada beberapa waktu lalu pemerintah mencabut undang-undang yang melarang wanita Arab untuk mengendarai mobil. 
Setelah itu muncul pula pengumuman dari Pemerintah Arab, yang membuka rekrutmen tentara untuk Wanita. Meski demikian, dalam lomba maraton itu tetap mengedepankan syariah Islam, wanita yang ikut tetap menggunakan jilbab dan cadar. 








sumber : vivanews.com

Related

Dunia 5034982945531960911

Post a Comment

item