Pasca Erupsi Gunung Agung Malam Purnama, Bupati Suwirta Kumpulkan Tim Penanggulangan Pengungsi

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - Pasca  terjadinya erupsi Gunung Agung yang cukup besar pada malam purnama Kamis (28/06) lalu, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta langsung mengumpulkan Tim Penanggulangan Pengungsi Pra Bencana , Jumat (29/06). Rapat yang bertempat di Ruang Rapat Kantor Bupati ini membahas langkah langkah antisipasi jika Gunung Agung jika mengalami erupsi yang lebih besar dan mengakibatkan terjadinya gelombang pengungsi seperti yang terjadi pada September 2017 lalu.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana  Daerah (BPBD)Klungkung  Putu Widiada mengatakan, Gunung Agung mengalami erupsi yang cukup besar pada Kamis (28/6). Akibatnya terjadi hujan abu yang cukup tebal yang disertai suara gemuruh. Warga yang mengalami hujan abu pun memilih untuk meninggalkan rumah mereka untuk mengungsi sementara. Namun berdasakan laporan terakhir Jumat(29/06) warga yang sempat mengungsi tersebut telah kembali pulang kerumah masing masing . Menurut Putu Widiada belum ada pengunggsi yang memasuki wilayah kabupaten Klungkung. “Sampai saat ini belum ada pengungsi Erupsi Gunung Agung di wilayah kabupaten Klungkung, sempat ada laporan ada satu keluarga mengungsi dirumah warga, namun setelah dicek mereka telah pindah ke rumah keluarga mereka di Denpasar,” Ujar Putu Widiada. Ditambahkan, stok obat obatan, tenda serta masker sebanyak 20 dus telah siap.
Sementara itu Bupati Nyoman Suwirta dalam amanatnya menghibau kepada seluruh Tim Penanggulangan Pengungsi  Pra Bencana untuk bersiap menerima pengungsi yang membutuhkan tempat aman. Instasi terkait seperti KONI selaku pengelola GOR Swecapura,Dinas Sosial  PDAM, BPBD, Dinas PU Dinas LHP, PLN dan SatpolPP agar berkoordinasi intensif  sehingga tidak mengecewakan para pengungsi. “Mari kita lakukan penanganan pengungsi seperti yang pernah kita lakukan sebelumnya, bila perlu kita tingkatkan lagi. Seluruh OPD terkait agar melakukan koordinasi dan bergerak sesuai tupoksi sehingga jika hal terburuk terjadi kita bisa langsung bergerak,” ujar Bupati asal Nusa Ceningan.

Related

Warta Semarapura 7469664652062778904

Post a Comment

item