Pemerintah akan Tawarkan Proyek LRT saat Forum IMF-WB di Bali

Pemerintah akan Tawarkan Proyek LRT saat Forum IMF-WB di Bali

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali   Pemerintah akan mengajukan proposal pembangunan kereta api ringan (LRT) kepada peserta forum International Monetary Fund-World Bank (IMF-WB) yang akan berlangsung di Bali, Oktober 2018 mendatang.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengklaim sejumlah pihak mengaku berminat untuk terlibat mengembangkan pembangunan LRT di tiga kota besar, yakni Medan, Bandung, dan Surabaya. Hal itu dilakukan sebagai solusi mengurangi kepadatan lalu lintas.

"Saat sidang IMF dan Bank Dunia Oktober nanti di Bali, pemerintah ingin mengajukan proposal pembangunan LRT di tiga kota dengan harapan studi kelaikan sudah bisa difinalisasi," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi seperti dikutip dari Antara, akhir pekan.
Dia menyebutkan sejumlah pihak asing memang sudah menyatakan keinginannya untuk membangun LRT dan kereta api di Indonesia, karena memang dinilai memiliki nilai ekonomis.

Pemerintah juga sedang mendorong pihak asing, termasuk swasta asing, untuk ikut terlibat dalam membangun infrastruktur transportasi massal, seperti LRT dan kereta api yang dinilai efektif mengurangi kepadatan di jalan raya.

"Saya contohkan swasta Jepang tertarik membangun kereta cepat Jakarta-Surabaya yang nilainya fantastis hingga Rp60 triliun," ungkapnya.

Selain dapat mengurangi kemacetan lalu lintas, pembangunan LRT juga diharapkan bisa mengubah gaya hidup masyarakat dari semula menggunakan kendaraan pribadi menjadi beralih ke transportasi massal.
Pemerintah tentunya menyambut baik keinginan IMF dan World Bank terlibat dalam pembangunan LRT di Medan, Bandung dan Surabaya karena dipastikan industri kereta api nasional akan terkena dampaknya dan makin dikenal di mata internasional.

"Produksi kereta Inka sudah mampu menembus pasar Bangladesh dan kita membuktikan karya anak bangsa sudah mampu berbicara di mata dunia," kata dia.































sumber :CNNIndonesia.com

Related

Berita Ekonomi 5377415196251509061

Post a Comment

emo-but-icon

item