Studi Ungkap Bad Mood Justru Bikin Orang Produktif

Studi Ungkap Bad Mood Justru Bikin Orang Produktif

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali     Suasana hati yang tak menentu dan tak nyaman atau kerap disebut bad mood tak jarang jadi alasan seseorang ogah beraktivitas. 

Menurut para peneliti, perasaan yang biasa disebut generasi milenial sebagai galau itu justru bukan penghambat. Sebuah studi menemukan bad mood malah membuat seseorang jadi produktif. 

Dikutip dari Daily Mail, studi diinisiasi oleh Profesor Psikologi di Universitas Waterloo Tara McAuley dan seorang kandidat doktor Martyn S. Gabel. Mereka melibatkan sebanyak 95 orang dan melihat bagaimana partisipan itu menghadapi tuntutan dan stres sehari-hari bergantung dari perasaan atau mood mereka. 
Peneliti pun fokus pada reaksi emosional seperti sensitivitas, intensitas, dan durasi respons emosional. Hal-hal ini mendefisikan faktor yang berpengaruh, yakni kemampuan untuk mengatasi persoalan atau disebut sebagai effective functioning.

Partisipan pun dikelompokkan ke dalam dua kelompok yaitu kelompok reaktif tinggi dan kelompok reaktif rendah. Kelompok reaktif tinggi berisi orang ekstrovert yang memiliki reaksi emosional yang intens dan menggebu. Sedangkan kelompok reaktif rendah berisi orang introvert yang lebih santai. 

Hasilnya, mereka yang ekstrovert menunjukkan performa lebih baik saat mengerjakan sesuatu meski dalam kondisi bad mood. Sebaliknya mereka yang introvert bakal diam dan memilih berhenti. 
"Hasil studi kami menunjukkan bahwa ada beberapa orang yang bad mood sebenarnya malah bisa semakin mengasah kemampuan berpikir, asalkan untuk kehidupan sehari-hari," kata McAuley dikutip dari Daily Mail (20/7). 

Ia berkata, reaksi emosional tiap orang berbeda dan terlihat sejak usia dini. Perbedaan reaksi emosional dapat berpengaruh pada kesehatan mental seseorang. 

"(Namun) sebaiknya orang tidak menginterpretasikan hasil penelitian dengan mengatakan bahwa tak masalah untuk lepas tangan atau bereaksi berlebihan atau malah menciptakan masalah," ujarnya mengingatkan.









































sumber : CNNIndoneisa.com

Related

Gaya Hidup 1734664610917886946

Post a Comment

item