Puskesmas I Banjarangkan mengadakan pemeriksaan IVA dan Papsmear

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta didampingi Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Cabang Klungkung Ny. Ayu Suwirta menghadiri kegiatan pemeriksaan IVA dan Papsmear yang diadakan di Puskesmas I Banjarangkan, Klungkung pada Jumat (14/12/2018).
Kegiatan pemeriksaan IVA dan Papsmear dilaksanakan untuk mengetahui ataupun mendeteksi adanya kanker leher rahim/kanker mulut rahim. Jenis kanker ini sering terjadi pada wanita dan juga penyebab kematian nomor satu dari jenis kanker yang menyerang wanita. Sebagai informasi, kanker serviks tidak menimbulkan gejala dan sulit terdeteksi pada stadium awal, oleh karena itu sebaiknya lakukan skrining kesehatan melalui layanan kesehatan deteksi dini. Kanker Serviks, umumnya baru terdeteksi ketika sudah stadium lanjut, di mana proses pengobatan yang harus dilakukan menjadi lebih sulit dan biaya pengobatannya pun menjadi lebih mahal. Namun dibandingkan dengan jenis kanker lainnya, kanker serviks sebetulnya paling mudah dicegah dan dideteksi. Caranya dengan melakukan deteksi dini dan pemberian vaksinasi.
Sekretaris Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Cabang Klungkung Anak Agung Istri Anom Ratnadri menyatakan Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Cabang Klungkung pada salah satu programnya yakni penanggulangan Kanker Terpadu Paripurna  dimana kegiatannya antara lain penyuluhan dan pemeriksaan IVA Test yang secara rutin diadakan setiap tahun dan sudah menjangkau daerah-daerah pedesaan di Kabupaten Klungkung.
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menyatakan Dinas Kesehatan Kabupaten Klungkung melalui Yayasan Kanker Indonesia (YKI) dalam melakukan kegiatan seperti pemeriksaan IVA dan Papsmear dan kegiatan pencegahan lainnya terhadap Penyakit kanker harus dioptimalkan melalui beberapa strategi dan gerakan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dapat dijadikan sebagai ujung tombaknya. Bupati Suwirta menyarankan kepada ibu-ibu untuk melaksanakan pemeriksaan IVA dan Papsmear secara rutin sesuai dengan ketentuan yang berlaku. “Mencegah jauh lebih mudah daripada mengobati”, ujar Bupati Suwirta. Bupati Suwirta mengharapkan kepada YKI untuk terus melakukan komunikasi dengan Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI), Ikatan Bidan Indonesia (IBI), Ikatan Dokter Indonesia (IDI), dan Dinas Kesehatan Kabupaten Klungkung serta organisasi bidang kesehatan yang ada di Kabupaten Klungkung sehingga kedepan YKI apabila ingin melakukan kegiatan dapat berkolaborasi dengan kegiatan bersifat kesehatan yang diadakan oleh Organisasi Kesehatan yang ada di Klungkung.
“Memberikan pemahaman tentang penyebab kanker serviks jauh lebih penting dibanding sudah terjangkit dan langkah langkah preventif dan edukasi melalui IVA test adalah langkah paling tepat”, tambah Bupati Suwirta. Ibu-Ibu Di Kabupaten Klungkung, apabila ingin melakukan Pemeriksaan Iva dan Papsmear tidak dipungut bayaran apapun dan semua masyarakat sudah ditanggung dengan BPJS oleh Pemkab Klungkung.
Seusai memberikan sambutan, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menyempatkan diri memeriksa kelengkapan alat yang digunakan dalam pemeriksaan IVA dan Papsmear, juga memberikan pemahaman kepada salah satu peserta Pemeriksaan Papsmear Ni Kadek Karini (46) asal Dusun Klodan Desa Nyalian, bahwa tidak usah malu, ketika akan melakukan pemeriksaan IVA dan Papsmear demi kesehatan diri. Kegiatan ini diikuti 110 peserta ibu-ibu dengan hasil keseluruhan negatif. Dalam Kegiatan tersebut dihadiri Ketua Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Cabang Klungkung Ni Nengah Suratni, Ketua Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) Cabang Klungkung dr. I.B. Sukadana, SP.OG, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Klungkung Dr. Ni Made Adi Swapatni. 

Sumber : (Humasklk/cok)

Related

Warta Semarapura 3843015094430529565

Post a Comment

emo-but-icon

item