Buka Musrenbang, Camat Dawan Sodorkan Usulan Senilai 40 Milyar Lebih

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) kecamatan Dawan di Ruang Rapat Kantor Camat Dawan, Rabu (20/02). Musyawarah tahunan  yang menjadi wadah untuk menjaring aspirasi dan kebutuhan masyarakat sesuai potensi dan permasalahan di kecamatan ini bertujuan untuk mendapatkan masukan mengenai kegiatan-kegiatan prioritas pembangunan di tingkat kecamatan.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta mengharapkan dalam musrenbang yang di laksanakan di tingkat kecamatan, usulan program pembangunan agar bermanfaat untuk mengentaskan kemiskinan di desa. Ditengah-tengah upaya pengentasan kemiskinan di Kabupaten Klungkung, Bupati asal Nusa Ceningan ini kembali mengingatkan para perbekel khususnya di kecamatan Dawan untuk secepatnya mengumpulkan data kemiskinan. Utamanya data warga yang akan diberikan bantuan rehab maupun bedah rumah, sehingga sesuai target Bupati Suwirta, di Tahun 2020 semua permasalahan rehab maupun bedah rumah bisa terselesaikan. “Untuk para Perbekel segera kirim data warga penerima rehab dan bedah rumah, sehingga target saya di tahun 2020 rehab dan bedah rumah sudah tuntas semua,”ujar Bupati Suwirta
Selain itu, Bupati Suwirta juga mengatakan, perbaikan Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi skala prioritas didalam program pembangunannya. Menurutnya, peningkatan kesejahteraan ekonomi dan pengentasan kemiskinan sesungguhnya lebih ditentukan oleh SDM yang berpengetahuan dan berketerampilan. “Perbaikan SDM harus menjadi prioritas, karena peningkatan kesejahteraan ekonomi sesungguhnya lebih ditentukan oleh SDM yang berpengetahuan dan berketerampilan”, pungkasnya.
Sementara itu, Camat Dawan AA Putra Wedana menyampaikan, dalam Musrenbang kali ini tercatan sebanyak 56 usulan dari 12 Desa dengan jumlah dana sebesar 40 milyar lebih. AA Putra Wedana menjelaskan, usulan yang dibahas di Musrenbang Kecamatan Dawan terbagi menjadi tiga bidang, diantaranya, bidang sosial budaya, bidang perekonomian dan  didominasi usulan bidang infrastuktur. Camat Dawan Putra Wedana berharap, segala usulan di Musrenbang 2019 ini dapat berjalan dengan baik dan terakomodir. “Pelaksanaan Musrenbang ini sebagai upaya untuk mengintegrasikan berbagai program prioritas di desa disamping penguatan SDM. Ada tiga hal penting yang menjadi tujuan musrenbang ini, yakni membahas dan menyepakati kegiatan prioritas, singkronisasi pembangunan desa dan pengelompokan program prioritas sesuai dengan tupoksi perangkat daerah,“ paparnya. 


(hmsklk/open)

Related

Warta Semarapura 4363972782728324872

Post a Comment

emo-but-icon

item