Temu wirasa merupakan suatu kegiatan yang memiliki tujuan menyerap aspirasi langsung dari masyarakat dan dalam temu wirasa masyarakat dapat memberikan saran maupun kritikan terkait program pemerintah Kabupaten Klungkung.



Srinadi 99,7 FM | Radio Bali   Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta didampingi Plt. Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah Kabupaten Klungkung I Komang Susana, Camat Nusa Penida I Gusti Agung Gede Putra Mahajaya dan seluruh jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Klungkung mengadakan Kegiatan Temu Wirasa pertama ditahun 2019 yang bertempat di Balai Banjar Bayuh Desa Kutampi Atas Kecamatan Nusa Penida, pada Senin (13/05/2019). 

Pada awal kegiatan temu wirasa, Bupati Suwirta menerangkan mengenai  program pemkab Klungkung yang sedang berjalan yakni Perbup KTR dan Program inovasi TOSS, satu Desa Satu TK Negeri. dan Program kedepan, yakni Budidaya sayuran hidroponik untuk KK Miskin, Angkutan Antar jemput Siswa TK Negeri, Enterpreneur masuk Desa, memberangkatkan anak KK Miskin ke kapal pesiar dan program lainnya.  

Pada Temu Wirasa pertama ini lebih banyak membahas tentang air, infrastruktur jalan, pengelolaan sampah hal tersebut diutarakan pada sesi diskusi yang disampaikan I Nyoman Yoga mengharapkan agar air bersih bisa segera dapat dinikmati masyarakat Nusa Penida. Perbekel Desa Suana I Putu Rai Sudarta menyarankan kepada instansi terkait agar pengelolaan sampah di Nusa penida bisa berjalan dengan baik.

Dan Ketua Forum Perbekel I Ketut Gede Arjaya menyarankan kepada instansi terkait, agar hasil pertanian di Nusa Penida bisa dibantu pada bagian pemasarannya. Nyoman Sukada menambahkan agar Pemerintah dapat membantu dengan memberikan dana untuk kegiatan yang melibatkan lansia.

Terkait aspirasi Masyarakat tersebut Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menyampaikan terkait masalah air, Bupati Suwirta menugaskan Kepada Direktur PDAM untuk berkantor selama 2 Minggu di Nusa Penida untuk menyelesaikan perencanaan dan biaya yang diperlukan untuk merealisasikan 100% air bersih bagi masyarakat Nusa Penida, diharapkan pada tahun 2020 hal tersebut bisa terealisasikan.

Terkait infrastruktur jalan di Nusa penida, Bupati Suwirta meminta Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Permukiman Pemerintah Kabupaten Klungkung agar segera menurunkan tim untuk melakukan inventarisir panjang jalan yang belum terselesaikan di Nusa penida, untuk kedepannya akan ditindaklanjuti, dan terkait kemacetan yang terdapat di pasar Toya Pakeh, Bupati Suwirta meminta dinas Terkait untuk menata Pedagang yang berjualan, agar bisa berjualan di tempat yang sudah disediakan dan menata parker kendaraan untuk memperlancar arus lalu lintas didaerah tersebut.

Terkait penggunaan Dana Desa, Bupati Suwirta menugaskan para perbekel untuk menggunakan dana desa dalam hal pemberdayaan masyarakat, tidak hanya dalam hal pembangunan desa saja.

Terkait pengelolaan sampah, Selain menugaskan Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Kabupaten Klungkung untuk segera menindaklanjuti hal tersebut, Bupati Suwirta juga mengharapkan para pengusaha di Nusa Penida untuk bersama-sama dengan Pemkab dan Masyarakat dalam hal mengelola sampah.

Bupati Suwirta mengharapkan agar Perbekel dapat menginventarisir jumlah KK Miskin untuk segera dikumpulkan ke Dinas Sosial untuk ditindaklanjuti, dan Kepada para OPD, Bupati Suwirta mengharapkan Agar OPD Pemkab Klungkung agar dapat segera menindaklanjuti proposal yang sudah masuk ke masing-masing OPD, dan menguatkan inventarisir permasalahan yang terjadi di Masyarakat sesuai dengan bidang pekerjaan masing-masing.

Turut hadir dalam Temu Wirasa pertama di tahun 2019 yang berlangsung di Kecamatan Nusa Penida, yakni Perbekel, Jro Bendesa dan tokoh masyarakat serta masyarakat Nusa Penida.

















sumber : humaskabklungkung

Related

Warta Semarapura 1147645447274357990

Post a Comment

emo-but-icon

item