3 Hal Ini Bisa Buat Lansia Tetap Bugar


Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - Para lansia bisa dimanfaatkan dengan banyak kegiatan bermanfaat. Ada beberapa kegiatan yang bisa dilakukan para lansia meski stamina sudah berbeda dari kaum muda.

Aktivitas ini buat mereka akan lebih sehat dan bugar. Berbagai macam aktivitas ini akan buat fisik dan mental para lansia lebih terjaga. Apa saja aktivitas tersebut?

1. Olahraga

Berbagai macam olahraga bisa dilakukan para lansia. Namun ada beberapa yang perlu diperhatikan dalam berolahraga untuk mereka. Salah satu diantaranya, durasi berolahraga. Hal yang populer adalah senam lansia.

2. Membaca dan menulis

Membaca dan menulis biasa mengasah kemampuan berpikir dan meningkatkan kreativitas. Hal ini juga bisa dilakukan sendiri atau secara berkelompok. Jika dilakukan dengan beberapa orang maka akan timbul diskusi sekaligus meningkatkan hubungan sosial.

3. Berkebun dan Budidaya

Berkerbun menggunakan aktivitas fisik yang tidak terlalu berat bagi lansia. Mulai dari menanam, menyiram tanaman atau membersihkan daun kering. Mengganti media tanam pun rasanya masih bisa dilakukan untuk menggerakkan fisik.

Kegiatan budidaya juga bisa melatih fisik lansia. Selain seperti memelihara hewan, budidaya juga bisa menghasilkan rupiah. Salah satunya yang dilakukan lansia di wilayah Jakarta Selatan.

Berada di bawah naungan Korindo, mereka diberi bimbingan untuk membudidayakan lele. Hal itu bahkan diapresiasi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Mereka menilai, bantuan dan bimbingan memberikan dampak positif serta masif. Khususnya dalam menyediakan wadah agar para lansia bisa melakukan kegiatan produktif.

"Bersama Forum CSR DKI Jakarta, kita akan terus berkolaborasi dan bersinergi agar Jakarta bisa maju kotanya dan bahagia warganya," kata Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dalam keterangan tertulisnya.

Selain itu, apresiasi datang dari Bogor. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor memberikan piagam penghargaan untuk Yayasan Korindo sebagai pelaku tanggung jawab sosial dan lingkungan yang telah berperan dalam pembangunan di Kabupaten Bogor periode 2019-2020. 

Piagam itu untuk program pembangunan Hutan Kota Pakansari, Cibinong. Di atas lahan seluas dua hektare (ha), Korindo menjadikan area kosong tak terpakai menjadi ruang terbuka hijau yang rindang ditanami pohon Eucalyptus deglupta.


Viva

Related

Gaya Hidup 2917058167155696528

Post a Comment

emo-but-icon

item