Pemkab Klungkung Monev Harga Kabutuhan Pokok Jelang Hari Raya Galungan dan Kuningan


Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - Disela-sela hari libur menjelang persiapan hari raya Galungan dan Kuningan, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta melakukan monitoring ke Pasar Umum Galiran, Kecamatan Klungkung, Minggu (5/6). “Jadi pagi hari ini saya turun memantau situasi dan mengecek langsung harga kebutuhan pokok, situasi begitu terlihat sangat ramai dan harga kebutuhan pokok juga ada beberapa yang mengalami lonjakan,” ujar Bupati Suwirta saat keliling memantau situasi didampingi Kadis Koperasi UMKM dan Perdagangan Kabupaten Klungkung I Wayan Ardiasa dan Kepala UPT. Pasar Semarapura I Komang Sugiantara.

Bupati Suwirta juga menambahkan dari harga bunga dan telur mengalami peningkatan, sedangkan yang mengalami peningkatan sedikit itu hanya harga daging babi dan daging lainnya. Sementara untuk stok minyak masih stabil dan masyarakat tidak ada yang mengeluh. Selain itu, dari pantau yang terlihat pengunjung sangat ramai ini, Bupati Suwirta sudah menugaskan Kadis Koperasi dan Kepala Upt. Pasar semarapura untuk lebih intens menjaga situasi terutama penempatan barang-barang. “Karena saya melihat sebagian pedagang mengeluarkan barang dagangnya untuk mengejar pembeli, nah ini tentu tidak baik dan tidak nyaman bagi pengujung. Jadi ini menjadi perhatian serius kita bersama dan tolong antisipasi ini kedepan agar mereka tertib menaruh barang dagangannya,” pinta Bupati Suwirta.

Kemudian terkait kebersihan pasar sudah terlihat sangat bersih dan kramik-kramik juga kelihatan sangat bagus, situasi ini diharapkan tetap dipertahankan oleh para pedagang maupun pembeli terutama penggunaan sampah plastic harus benar-benar dijaga dengan sebaik-baiknya sesuai dengan Peraturan Gubernur Bali Nomor 97 Tahun 2018 tentang pembatasan timbulan sampah plastik sekali pakai. “Untuk para pembeli bawa tas dari rumah, sehingga kebersihan sampah terutama sampah plastik ini bisa kita antisipasi dan jaga bersama dengan baik,” harap Bupati Suwirta.

Kepala UPT. Pasar Semarapura I Komang Sugiantara mengatakan saat ini harga kebutuhan pokok menjelang hari raya Galungan dan Kuningan diantaranya seperti harga daging babi Rp. 90.000 per kilogram, daging sapi Rp. 110.000 per kilogram, harga daging ayam Rp. 40.000 per kilogram, harga cabai Rp, 90.000 per kilogram, harga bawang merah Rp. 30.000 per kilogram, harga bawang putih Rp. 20.000 per kilogram, harga minyak curah 1,5 liter Rp. 24.000, harga minyak goreng kemasan Rp. 24.000, harga telur ayam Rp. 50.000 per krat. Sedangkan untuk harga bunga seperti bunga genitir super Rp. 30.000 per kilogram dan harga bunga pacah seribu Rp. 25.000 per kilogram. Terakhir harga buah-buahan seperti harga buah jeruk keprok Rp. 17.000 per kilogram dan harga buah mangga Rp. 20.000 per kilogram.(humasklk/puspa). 

Related

Warta Semarapura 8878158059696623820

Post a Comment

emo-but-icon

item