Perkuat Ketahanan UMKM, Desa Paksabali Mendapatkan Pendampingan Pemanfaatan Pitalebar


Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta membuka Pelatihan dan Pendampingan Pemanfaatan Akses Tetap Pitalebar Pelaku UMKM di Wilayah Jawa Tengah dan Bali. Acara tersebut berlangsung di Lapangan Desa Paksebali, Kecamatan Dawan, Kamis (15/9).

Acara ini merupakan rangkaian dari program bantuan akses internet fixed broadband Kementerian Komunikasi dan Informatika RI yang telah direalisasikan sebanyak 1500 titik jaringan internet gratis selama enam bulan di seluruh Indonesia dengan tema "Smart Village Smart UMKM".

Bupati Suwirta dalam sambutanya mengatakan, perkembangan UMKM di Kabupaten Klungkung pasca Covid mengalami peningkatan yang sangat drastis. "Selama ini para UMKM sudah mempromosikan barang dagangnnya lewat media sosial dan sudah cukup membantu, tetapi akan lebih optimal apabila akses internet yang mereka dapatkan tanpa batas dan tanpa lemot," ujar Bupati Suwirta.

Bupati Suwirta meninta kepada para pelaku UMKM yang ada di Paksabali untuk memanfaatkan pendampingan ini dengan sebaik-baiknya dan bertanya jika ada kendala, sehingga apa yang diberikan dari Kementerian Kominfo bisa memperlancar usaha untuk meningkatkan volume usaha dan meningkatkan kualitas maupun kuantitas dari produk UMKM tersebut. "Apa yang dilakukan hari ini merupakan solusi dan inovasi yang terbaik, meskipun di Kabupaten Klungkung ada titik beberapa titik yang blank sport," ucap Bupati Suwirta

Sementara, Subid Kementerian Komunikasi dan Informatika, Ari Budi Sulistyo menjelaskan program pelatihan ini diberikan untuk menguatkan ekosistem broadband yang sudah tercipta dengan peningkatan ekonomi sebagai tujuan utamanya, khususnya dalam kondisi ekonomi yang serba tidak pasti seperti sekarang. "Ada 1500 titik jaringan internet gratis selama enam bulan di 9 Kabupaten Kota se-Indonesia dan pelatihan ini dilaksanakan selama tiga bulan, diminta para pelaku UMKM bisa mengadopsi tekonologi digital dalam pengembangan pemasaran UMKMnya," ujar Ari Budi

Perbekel Desa Paksabali, Putu Ariadi mengucapkan terimakasih atas pelatihan dan pendampingan pemanfaatan akses tetap pitalebar pelaku UMKM di Desa Paksabali. "Desa Paksabali satu-satunya di Kabupaten Klungkung yang mendapatakan pendampingan dan sebanyak 65 UMKM yang diberi jaringan wifi gratis," ujar Putu Ariadi.



 (humasklk/yande)

Related

Warta Semarapura 5519182216939554590

Post a Comment

emo-but-icon

item