73 Tahun Umur Harapan Hidup Denpasar


Walikota Denpasar Ida Bagus Rai Darma Wijaya Mantra menyatakan bahwa umur harapan hidup masyarakat di Kota Denpasar saat ini telah meningkat menjadi 73 tahun pada tahun 2012, atau naik satu tingkat yang sebelumnya mencapai 72 tahun.

“Angka harapan hidup sebelumnya mencapai 72 tahun tetapi pada tahun 2012 sudah naik menjadi 73 tahun sehingga ada harapan naik satu tahun,” katanya pada peringatan Hari Lanjut Usia (Lansia) Nasional di Denpasar, Sabtu.

Menurut dia, indikator peningkatan umur harapan hidup tersebut tak bisa dipisahkan dari masalah kesehatan.

Khusus bagi para lansia, Rai Mantra menambahkan bahwa pemerintah berupaya meningkatkan pemberdayaan lansia melalui berbagai program agar mereka bisa menjalani hidup lebih baik tanpa beban pikiran.

“Mereka perlu diberikan kebahagiaan dengan hati nurani, jangan dijadikan mereka sebagai beban tetapi dengan berkumpul, sudah menjadi salah satu kebahagiaan,” katanya.

Pemkot Denpasar melalui satuan kerja perangkat daerah (SKPD) telah melaksanakan beberapa program khusus bagi lansia sebagai bentuk pemberdayaan di luar usia produktif di antaranya posyandu lansia, kegiatan seni dan tari di sanggar, hingga kegiatan spiritual seperti “tirtayatra” atau melaksanakan perjalanan suci.

Dia mengatakan bahwa peringatan lansia saat ini bukan sekedar acara seremonial melainkan memerlukan pemahaman dari masyarakat mengingat lansia masih dianggap sebagai suatu beban.

“Hari lansia bukan sekedar peringatan tetapi bagaimana kita memahami pergeseran nilai masyarakat bahwa lansia bukan beban tetapi kalau tidak ada lansia tidak ada pelopor jati diri bangsa,” ucapnya.

Sementara itu pada peringatan Hari Lansia Nasional di Denpasar dipusatkan di gedung Pusat Pemerintahan Kota Denpasar di kawasan barat lapangan Lumintang dengan beragam kegiatan di antaranya safari kesehatan dan lomba tari tradisional yang diikuti ratusan para lansia.(DWA)

Related

Seputar Bali 8398495233695279417

Post a Comment

emo-but-icon

item