Kelas Fitnes Khusus Wanita, Bakar Ratusan Kalori Hanya dalam 30 Menit

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - Hanya wanita yang diperbolehkan ikut kelas fitnes ini. Menjanjikan banyak kalori yang terbakar hanya dengan latihan selama 30 menit. Seperti apa bentuk latihannya?

Kelas fitnes yang jadi tren di Inggris ini dinamakan Hiitgirl dan dirancang berdasarkan prinsip high intensity interval training, yaitu latihan berintensitas tinggi. Peserta kelas yang semuanya wanita akan mengikuti latihan seperti rutinitas fitnes biasanya, namun yang berbeda adalah cara penerapannya.

Trainer akan memberitahu kapan peserta fitnes harus melakukan latihan fisik yang intens, dan kapan harus beristirahat sejenak. Setiap peserta harus fitnes tanpa alas kaki dan ada timer berukuran besar yang ditempatkan di dinding untuk membantu mengetahui waktu-waktu saat mereka harus berolahraga keras dan kapan harus relaks.

Untuk membuat aktivitas nge-gym lebih menyenangkan, jenis latihan yang diprogram bervariasi setiap minggunya. Tapi semuanya dirancang untuk meningkatkan detak jantung dan membentuk tubuh. Variasi tersebut bisa berupa latihan TRX, menggunakan alat bantu seperti medicine balls, fitness ball, karung pasir, tali lompat atau trampolin. Ada pula kombinasi push-up, sit up, crunches dan plank untuk menjaga kestabilan tubuh bagian tengah.

Setiap kelas hanya berlangsung setengah jam karena semua latihan yang dilakukan berintensitas tinggi yang memacu jantung dan membakar kalori lebih cepat. Metabolisme peserta juga akan meningkat sehingga tubuh mereka bisa tetap membakar kalori bahkan ketika sesi fitnes sudah berakhir beberapa jam.

Meskipun tidak ada jenis latihan yang baru, namun program ini diklaim bisa turunkan berat badan dan membentuk tubuh ideal dengan cepat. Setiap sesi yang berlangsung 30 menit, akan selalu memberikan perbedaan pada tubuh.

Kelas tersebut dikembangkan oleh pakar fitnes Susan dan Stuart Dyson. Berawal dari keinginan mereka untuk menemukan cara bagaimana membantu wanita sibuk agar tetap dapat mendapatkan manfaat olahraga di waktu yang singkat. Susan dan Stuart juga ingin membantu para wanita yang merasa terintimidasi dengan atmosfer 'maskulin' yang ada di gym pada umumnya. Maka dari itu, mereka ingin menciptakan suasana gym yang lebih 'bersahabat' bagi wanita.

"Setelah berbicara dengan banyak wanita jadi jelas bahwa mereka tidak punya banyak waktu atau tertarik dengan latihan cardio yang terus menerus. Selain itu biaya personal trainer juga mahal. Kebanyakan dari mereka ingin latihan yang singkat, tapi efektif dan female-friendly dengan didampingi trainer yang inspiratif," ujar Susan, seperti dikutip dari Daily Mail.

Manfaat ikut kelas Hiitgirl ini sudah dinikmati Arabella Weir, seorang penulis dan aktris yang jadi salah satu peserta fitnes. Hanya dalam beberapa minggu, Arabella sudah merasakan perubahan signifikan pada tubuhnya.

"Aku melihat perbedaan pada bentuk tubuhku hanya beberapa minggu setelah latihan. Perutku lebih rata dan baju yang kupakai jadi lebih longgar. Orang-orang bilang kalau aku terlihat lebih langsing saat pakai jeans. Jujur saja, memang itu yang mau aku dengar," tutur Arabella.

Kelas fitnes khusus wanita ini baru ada di Inggris dan masih cukup jarang ditemui. Hiitgirl studio baru ada di empat tempat, tepatnya di Harrogate, kota yang terkenal dengan tempat spa dan destinasi wisata di North Yorkshire, Inggris. Bagaimana dengan Indonesia? Anda pun bisa mengadaptasi latihan ini dengan bantuan trainer di gym tempat Anda biasa fitnes.

Dikutip dari : Detik.com

Related

Life Style 4097960626834960228

Post a Comment

emo-but-icon

item