Banjar Batusepih Masuk 10 Desa Wisata Terbaik se-Indonesia

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - Memasuki Banjar Batusepih, Desa Kemenuh, Sukawati, mata akan dimanjakan oleh pemandangan hijau. Pernafasan akan diisi udara bersih dan angin yang menyejukkan. Berbagai kebudayaan tradisional Bali juga dilestarikan di banjar yang dihuni oleh 124 kepala keluarga (KK) ini.
Di tempat ini, wisatawan bisa menjelajahi situs-situs peninggalan Hindu Kuno. Dimulai dari wilayah paling utara, wisatawan bisa mengenal sejarah Pura Dalem Pasung Grigis, dilanjutkan dengan mengunjungi Pura Pengajengan yag merupakan tempat singgahnya Danghyang Nirarta.
Perjalanan bisa dilanjutkan dengan mengunjungi Pura Muteran yang merupakan tempat meninggalnya istri Danghyang Nirarta, Pura Kepuh Kembar yang dipercaya sebagai tongkat Danghyang Nirarta, Pura Dalem Agung tempat pemujaan istri Danghyang Nirarta, dan beranjak sekitar 10 meter ke selatan terpampanglah keindahan Air Terjun Tegenungan.
Sepanjang perjalanan itu, wisatawan disuguhi keindahan alam persawahan dan kicauan burung di atas pepohonan rindang dan menyejukkan. Bila tidak puas dengan wisata alam dan spiritual, wisatawan juga bisa melihat secara langsung para perajin patung bekerja menghasilkan karyanya orisinil.
Tak mengherankan kalau sejak 2011 lalu Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menetapkan banjar ini sebagai satu-satunya Desa Pariwisata di Indonesia.
Tahun 2013, Banjar Batusepih mendapat kepercayaan dari Pemerintah Provinsi Bali untuk mengikuti lomba Desa Pariwisata tingkat nasional dan berhasil masuk ke tingkat 10 terbaik.
Ketua Kelompok Sadar Wisata Desa Kemenuh, I Wayan Sila saat ditemui di museum Bali Budaya miliknya, Selasa (1/7) mengatakan predikat ini tidak bisa dianggap sepele. Sehingga pembentukan kelompok yang sadar akan pariwisata langsung dibentuk tahun 2011.
"Untuk menjaga predikat Desa Pariwisata ini kami membentuk kelompok sadar lingkungan. Program-program yang dijalankan adalah menjaga kelestarian lingkungan, menggali dan mengembangkan potensi yang ada," ungkapnya.
 
Source : tribunnews.com

Related

Seputar Bali 2413319402441242480

Post a Comment

emo-but-icon

item