Sumsel Siap Gabung Jadi Tuan Rumah Asian Games

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - Kans besar Jakarta menjadi tuan rumah pesta olahraga se-Asia, Asian Games, dibarengi pula dengan kesiapan Sumatera Selatan untuk bersama-sama menghajat event tersebut.

Gubernur Sumsel Alex Noerdin hari Kamis (7/8) ini telah bertemu dan berdiskusi dengan Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo, untuk membahas kerja sama tersebut.

Wagub DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama sebelumnya mengatakan bahwa Indonesia telah ditunjuk oleh Olympic Council of Asia (OCA) untuk menjadi penyelenggara Asian Games 2018.

Untuk diketahui, awalnya Asian Games 2018 akan dihelat Hanoi (Vietnam), dan kemudian diundur menjadi 2019 untuk mendekatkan kepada Olimpiade 2020. Namun, Hanoi belakangan mengundurkan diri.

Jika Indonesia resmi terpilih, Asian Games tersebut akan dikembalikan ke tahun 2018, salah satu alasan utamanya karena di tahun 2019 ada pemilihan presiden di Indonesia.

Juga, belum ditentukan pula kota mana yang menjadi tuan rumah utama Asian Games tersebut nantinya -- walaupun Jakarta diyakini sangat ingin menyandang status itu.

"Kepastian kota mana yang akan menjadi main host Asian Games masih menunggu putusan tim survei dari OCA yang dipimpin oleh Presiden OCA Sheik Fahad Al-Sabah. Sumatera Selatan bukan daerah karbitan menyelenggarakan event seperti ini, diawali dengan penyelenggaraaan Pekan Olahraga Nasional (PON) tahun 2004, SEA Games 2011, terakhir Islamic Solidarty Games yang diikuti 57 Negara. Jadi kami siap untuk menjadi tuan rumah Asian Games 2018 mendatang," kata Alex Noerdin dalam siaran persnya yang diterima detikSport, Kamis (7/8/2014).

Source : merdeka.com

Related

Olahraga 65048539067192184

Post a Comment

emo-but-icon

item