Bupati Suwirta Hadiri Puncak Karya di Pura Dalem Agung di Desa Paksabali

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - Bertepatan dengan rahina Buda Kliwon Pahang para pengempon Pura Dalem Agung Desa Paksabali Kec. Dawan, Klungkung menggelar puncak upacara Karya Agung, Mamungkah, Tawur Gentuh, Penyejeg Bhumi, Mlaspas lan Nubug Pedagingan Rabu (12/10). Upacara yang berlangsung hikmat itu turut dihadiri Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta didampingi Ny. Ayu Suwirta sekaligus sebagai upasaksi dalam upacara suci tersebut. Kehadiran Bupati Suwirta disambut Perbekel Desa Pakasabali Putu Ariadi, Ketua Panitia Karya A.A. Gede Ngurah Palguna, para prajuru adat serta ratusan pengempon pura.


Ketua panitia karya A.A. Gede Ngurah Palguna dalam kesempatannya mengatakan, pada puncak karya hari itu telah dilaksanakan prosesi Pengenteg, Pengodal, Peselan lan Pedanan. Tujuan dilaksanakannya seluruh rangkaian karya ini adalah untuk sakralisasi atau mensucikan seluruh pelinggih baru yang berjumlah 26 buah, sebuah bangunan bale Gong serta seluruh area pura.

Pura Dalem Agung yang terletak di Desa Paksabali Kecamatan Dawan ini diempon oleh sekitar 400kk yang berasal dari tiga desa pekraman yaitu Sampalan, Mincidan dan Gerombong. Untuk upacara karya ini, masing masing KK pengempon pura dikenakan iuran sebesar Rp 1,8 juta rupiah. Selain dari iuran wajib, dana pelaksanaan upacara suci ini juga berasal dari dana punia. Sekitar Rp 1.2 miliar dana dipakai untuk upacara ini.
Pada upacara puncak karya hari itu dipuput oleh sembilan pendeta, antara lain :Ida Pedanda Gede Putra Tembau, Ida pedanda Gede Purwa Gautama, Istri Ketut Keniten, Ida Pedanda Gede Ketewel, Ida Pedanda Gede Oka Jelantik, Ida Pedanda Gede Putra Keniten, Ida Pedanda Gede Wayan Darma, Ida Pedanda Gede Made Tembau dan Ida Pedanda Gede Jelantik Sogata. Ida Bathara nantinya akan nyejer selama 11hari yang diakhiri dengan upacara panyineban pada Minggu (23/10) dan meajar – ajar pada Rabu (26/10) mendatang.(HUMASKLK/jim) 

Related

Warta Semarapura 2076520052974672221

Post a Comment

emo-but-icon

item