RSUD Klungkung Dinilai Tim Akreditasi Pusat

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Klungkung menjalani Survey penilaian Akeditasi Rumah Sakit Versi 2012 yang dilakukan oleh Tim Surveyor dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit(KARS), Rabu(19/10). Tim Surveyor yang berasal dari pusat ini berjumlah tiga orang yakni dr. Jimmy Elraju Kalesaran,dr. Nunung Dartini Wahyuningtyas dan Ns. Estefina Makausi. Mereka disambut langsung Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta didampingi Kadis kesehatan dr. Made Adi Swapatni, Dirut RSUD dr. I Nyoman Kesuma dan sejumlah staf RSUD Klungkung.  

Proses penilaian yang dilakukan oleh Tim penilai (surveyor) akan dilakukan selama 3 hari sampai dengan tanggal 21/10. Ketiga orang Surveyor ini nantinya akan menilai manajemen, medis dan keperawatan di RSUD Klungkung. Ketua Tim Akreditasi dr. Jimmy Elraju Kalesaran mengatakan akreditasi Rumah Sakit adalah suatu proses dimana lembaga independen KARS melakukan penilaian terhadap rumah sakit berdasarkan standar akreditasi yang berlaku. Rumah sakit yang telah terakreditasi akan mendapatkan pengakuan dari Pemerintah karena telah memenuhi standar pelayanan dan managemen yang ditetapkan.

Manfaat akreditasi pada Rumah Sakit yang bersangkutan nantinya akan bisa meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap pelayanan Rumah Sakit, karena berorientasi pada peningkatan mutu dan keselamatan pasien serta menciptakan lingkungan internal Rumah Sakit yang lebih kondusif untuk penyembuhan, pengobatan dan perawatan pasien. Selain itu dengan dicapainya akreditasi maka akan memberikan jaminan kepuasan serta perlindungan kepada masyarakat atas pemberian pelayanan kesehatan.

Agenda para surveyor nantinya akan terdiri dari menerima presentasi dari Dirut RSUD tentang program peningkatan mutu dan keselamatan pasien RS, dilanjutkan telaah dokumen, telaah rekam medik tertutup dan telaah rekam medik terbuka serta survey lapangan. Surveylapangan ditekankan pada telusur pasien untuk di wawancarai langsung atas pelayanan kesehatan yang telah/sedang/akan diterima pasien.“Predikat yang akan disandang jika RSUD Klungkung lolos penilaian akreditasi adalah predikat Paripurna,” Ujar  dr. Jimmy Elraju Kalesaran

Sementara itu Dirut RSUD dr. I Nyoman Kusuma mengatakan persiapan akreditasi sudah dilakukan sejak lama, dan lebih ditingkatkan lagi pada tahun ini untuk menghadapi proses penilaian. “RSUD Klungkung dengan berbagai program terobosan berusaha saat ini terus meningkatkan kwalitas pelayanan kepada masyarakat sehingga predikat Paripurna dapat diraih,” ujar dr. Nyoman Kesuma.
Bupati Suwirta dalam kesempatannya mengatakan bahwa proses akreditasi dari tim pusat ini sejalan dengan program peningkatan kwalitas pelayanan RSUD  Klungkung yang akan menjadi Rumah Sakit Rujukan Bali Timur. Sejak dilantik sebagai Bupati tiga tahun lalu, RSUD Klungkung selalu mendapatkan perhatian dan pengawasan sehingga kwalitas pelayanan semakin baik. “ Proses akreditasi ini sejalan dengan program yang saya canangkan dulu yakni peningkatan kwalitas pelayanan menuju rumah sakit rujukan Bali Timur, saya harapkan peningkatan kwalitas pelayanan tidak dilakukan pada saat proses survey saja, namun harus terus berjalan secara berkelanjutan meskipun proses penilaian telah selesai,” ujar Bupati Suwirta. Bupati Suwirta juga yakin predikat Paripurna akan mampu diraih.(HUMASKLK/Jim)

Related

Warta Semarapura 3860901631429729461

Post a Comment

emo-but-icon

item