SMPN 2 Kembali Pentaskan Arja Remaja di PKB 2017


www.nusabali.com-smpn-2-kembali-pentaskan-arja-remaja-di-pkb-2017

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - Sekolah ini jadi duta bidang Drama Tari Arja Remaja.

Pemain arja dan penabuh yang akan berlaga murni dari siswa dan alumni SMPN 2 Semarapura, terdiri dari 12 penari arja dan 18 penabuh. Mereka sudah mempersipakan diri dengan latihan jauh-jauh hari di sekolah, di luar jam pelajaran. Mereka dibina oleh tiga guru seni yakni Pande Nyoman Budiarta, Ni Nyoman Kendri dan Ni Ketut Maskar.

Kepala SMPN 2 Semarapura I Made Arnawa merasa bangga karena Sanggar Gita Taruna SMPN 2 Semarapura dipercaya mewakili Klungkung dalam pentas Drama Tari Arja Remaja. Guna memaksimalkan penampilan,  para penabuh dan penari arja sudah latihan sejak sebulan lalu. “Beberapa hal yang menjadi evaluasi saat pentas tahun lalu, kami lebih sempurnakan lagi,” ujarnya kepada NusaBali, Jumat (24/3).

Kasek Arnawa mengaku menarikan arja memang tidak mudah. Karena para pemainnya tak cukup menguasai seni tari, namun harus diimbangi seni berdialog yang selaras dengan ritem penabuh. Dalam hal ini diperlukan pembinaan khsusus dari ahlinya supaya mengetahui pakem-pakem arja yang benar.

Pihaknya pun sampai ke sana-sini mencari sang maestro arja itu sendiri, baik dari Klungkung, Gianyar bahkan  Badung. “Kini kami tinggal mematangkan lagi dari pembelajaran yang sudah didapat,” terangnya. Untuk kisah cerita yang diambil tengah digodok, tentu sesuai dengan tema PKB 2017 yakni tentang air.

Karena melibatkan siswa kendala yang dihadapi yaitu terbentur dengan pelaksanaan persiapan Ujian Nasional (UN). Terlebih, SMPN 2 Semarapura akan mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Sehingga waktu untuk latihan arja ini menjadi lebih terbatas. Kendati demikian dengan semangat siswa dan para pelatih, jadwal latihan bisa dilaksanakan rutin. 

“Anak-anak kami latih saat pelajaran selesai, dan hari-hari libur,” ujarnya.
Arnawa berharap, para siswa yang sudah dibekali kemampuan mementaskan arja agar diberikan kesempatan dalam even-even pentas seni yang dikoordinir Pemkab Klungkung. Sehingga anak-anak ini akan lebih semangat dan percaya diri dalam berkesenian.

Sebelumnya, Sanggar Gita Taruna SMPN 2 Semarapura menggodok Drama Tari Arja Remaja, untuk lomba pada PKB 2016. Mereka mengangkat cerita Panji berjudul ‘Sayembara Pingit’. Pentas ini dibawakan oleh 11 siswa SMPN 2 Semarapura. Pentas ini didukung sejumlah siswa dari SMAN 1 Semarapura dan SMAN 2 Semarapura. Mereka pun berperan sebagai Condong, Galuh, Penasar Manis, Wijil Manis, Wijil Buduh, Mantri Manis, Limbur dan sebagainya.

Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga (Disbudpora) Klungkung I Nyoman Mudarta, mengatakan saat ini para perwakilan yang ditunjuk untuk pentas saat PKB sudah mulai latihan di tempat masing-masing, termasuk Arja Remaja yang akan dibawakan oleh siswa dan alumni SMPN 2 Semarapura. Disinggung mengenai minimnya ruang pentas, mereka nantinya akan diberikan pentas saat program Klungkung Menari di depan Monumen Puputan Klungkung. “Jadwalnya masih kami atur, baik dari pihak sekolah maupun sanggar seni dan desa pakraman,” katanya. 

(NusaBali)

Related

Warta Semarapura 3184914666205680336

Post a Comment

item