Upacara Mapepada Jelang Nyepi Caka 1939 di Catus Pata Klungkung

 Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - Sehari menjelang upacara tawur kesanga di Kabupaten Klungkung dilaksanakan upacara mapepada. Upacara suci ini digelar di catus pata (kanda pat) kota Semarapura, Minggu (26/3).

Upacara mapepada merupakan salah satu rangkaian upacara tawur kesanga hari raya suci Nyepi tahun baru caka 1939. Kali ini Desa Adat Budaga, Kecamatan Klungkung selaku pengerajeg (penyanggra) upacara mapepada dan tawur kesanga.  Mapepada sendiri bertujuan untuk menyucikan semua jenis wewalungan (sarana upacara) yang akan dipergunakan dalam upacara tawur kesanga tersebut.

Panitia upacara tawur kesanga Kabupaten Klungkung, Dewa Soma mengatakan, upacara tawur kesanga kali ini menggunakan berbagai jenis wewalungan. Sebelum digunakan dalam upacara tawur, semua jenis wewalungan tersebut terlebih dahulu disucikan dengan suatu jenis upacara yang disebut mapepada. Berbagai sarana upacara tersebut meliputi kerbau, banteng, kambing hitam, asu blangbongkem, bawi belang, ayam manca dan ayam penyirang, bebek belang kalung dan putih, penyu  dan sarana upakara lainnya. “Dengan upacara mapepada ini semua jenis wewalungan disucikan sehingga dalam penjelmaannya nanti bisa lebih baik,”ujar Dewa Soma.

Upacara tetap berlangsung hidmat meskipun hujan deras mengguyur sepanjang pelaksanaan upacara. Pada upacara kali ini dihadiri Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta yang didampingi Ny. Ayu Suwirta, KPD di lingkup Pemkab Klungkung serta warga masyarakat Klungkung lainnya.. Dalam upacara mapepada diisi dengan mapurwadaksina semua jenis wewalungan dan persembahyangan bersama dipuput Ida Pedanda gede Made Tembau dari Griya Kulon. (hmsklk/Jim)

Related

Warta Semarapura 7808142712682032851

Post a Comment

emo-but-icon

item